Untuk menjadikan daerah ini sebagai lumbung ternak, Pemerintah Kabupaten Gorontalo terlihat terus menggelontorkan bantuan sapi kepada masyarakat.

Kamis (27/7), terdapat 336 ekor sapi diserahkan secara simbolis oleh Bupati Nelson Pomalingo kepada masyarakat desa yang tersebar di empat kecamatan yang meliputi kecamatan Pulubala, kecamatan Tabongo, kecamatan Asparaga dan kecamatan Telaga.

Pemberian bantuan itu dilakukan terpusat di dess Pulubala, Kecamatan Pulubala, Kamis.

Pada kesempatan itu terungkap Pemda Kabupaten Gorontalo menganggarkan pengadaan sapi melalui dana ADD desa, belum lagi adanya pos APBD sebesar Rp.20 milyar yang kini sementara tender.

“Ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mewujudkan kabupaten Gorontalo menjadi Lumbung ternak dan juga menjadi sebuah gerakan ekonomi rakyat, karena rakyat adalah sasaranya ,” tegas Bupati Nelson pada penyerahan sapi di Pulubala.

Diungkapkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo memiliki salah satu program unggulan, yakni, Integrated Farming System, dengan leading sector_nya adalah peternakan. Maka hal itulah, ungkap Bupati Nelson, menjadi alasan kuat bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk terus menggenjot bidang peternakan.

“Target satu juta sapi ini terus kita wujudkan bukan saja dengan dana ADD maupun APBD, namun Pemkab terus memberi ruang pada investor-investor. Karena itu, Pemkab Gorontalo telah membentuk badan investasi daerah yang tugasnya melakukan hubungan kerjasma untuk memberi ruang bagi investor,” katanya.

Adapun desa-desa yang warganya beroleh bantuan ternak sapi itu masing; 11 desa di Kecamatan Pulubala, 9 desa di Kecamatan Tabongo, 3 desa di Kecamatan Asparaga, dan 2 desa diKecamatan Telaga. (*)