Wabup Hendra Serahkan 500 Sertifikat PTSL Kepada Warga Desa Upomela

PSX 20220608 172105
PSX 20220608 172105

LIMBOTO – Sebanyak 500 warga masyarakat Desa Upomela Kecamatan Bongomeme kini mengantongi sertifikat tanah yang difasilitasi oleh Badan Pertanahan dari program Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Bukti kepemilikan hak itu diserahkan Wakil Bupati Gorontalo Hendra S. Hemeto dalam agenda diintegrasikan dengan penyerahan bantuan kios akses pangan masyarakat TA. 2022 di Aula Kantor Desa Upomela Rabu, (08/06/22).

Hendra menjelaskan, pemberian sertifikat itu merupakan upaya Pemerintah dalam melegalkan hak kepemilikan tanah kepada masyarakat, hal ini juga dapat memperkecil terjadinya konflik kepemilikan tanah dilingkungan masyarakat.

Penyerahan Simbolis Bantuan Kios Akses Pangan Masyarakat TA. 2022 Oleh Wabup Hendra Hemeto

“Terkadang masyarakat punya lahan, tapi tidak memiliki sertifikat. Untuk memberikan legalitas kepemilikan, pemerintah terus mendorong masyarakat agar tanah itu punya sertifikat secara gratis,” jelas Hendra.

Dengan memegang sertifikat tanah, warga yang ingin memiliki modal usaha kini dapat difasilitasi perbankan. Program ini pun diharapkan akan mendorong peningkatan ekonomi daerah.

“Terbitnya sertifikat tanah dapat menjadi modal diperbankan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Hendra menyampaikan apresiasi kepada Badan Pertanahan Kabupaten Gorontalo yang telah memfasilitasi pengadaan sertifikat tanah kepada masyarakat Desa Upomela.

“Sertifikat ini merupakan program pusat. Saya menghimbau sertifikat ini dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Hendra.

Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan Sumber: https://gorontalokab.go.id

Pewarta: Riri Lihawa
Editor: Zulkifli Mile

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE