Wabup Hendra Kagum Melihat Aktifitas Nelayan di Pelehu Bilato

PSX 20220731 095710
PSX 20220731 095710

LIMBOTO – Pantai Pelehu yang terletak di Kecamatan Bilato,  Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu pantai yang dapat menjadi sentra wisata. Bagaimana tidak, selain menyediakan keindahan alam pantai, juga menyediakan aktivitas para nelayan yang sedang menangkap ikan.

“Di Pantai ini, kita dapat melihat seluruh aktivitas para nelayan sehari-harinya, mulai dari merajut jala, membongkar ikan hasil tangkapan, menimbang hasil tangkapan ikan, dan bahkan melihat aktivitas nelayan yang datang hingga turun melaut,” jelas Wakil Bupati Hendra Hemeto mengunjungi Desa Pelehu Sabtu, (30/07/22).

“Salah satu aktivitas hendak melaut yang menarik perhatian saya adalah aktivitas mendorong perahu. Aktivitas ini sangatlah unik dilihat, karena para nelayan melakukannya secara bergotong-royong.” Ujar Hendra.

Penyerahan bibit tanaman pertanian bagi masyarakat desa Pelehu Kecamatan Bilato, secara simbolis Oleh Wabup Hendra Hemeto

Untuk aktivitas seperti ini, dilakukan oleh para nelayan sekitar pukul 15.00. Mereka turun untuk menangkap ikan ke tengah laut, khususnya ikan jenis Nike. Dan akan kembali kedarat sekitar dini hari dengan membawa ikan hasil tangkapannya.

“Begitu juga saat nelayan mulai kembali kedaratan. Itu adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu, baik oleh rekan/keluarga para nelayan, para pedagang ikan, masyarakat umum yang ingin membeli ikan dan juga sangat ditunggu oleh para wisatawan yang ingin mengabadikan aktivitas nelayan di pagi hari.” ungkapnya

Ikan-ikan hasil tangkapan itupun langsung dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ataupun langsung dijual eceran oleh pedagang-pedagang kecil di pinggir pantai dengan harga yang relatif lebih murah.

“Inilah nilai daya tarik yang disajikan di pantai pelehu, kebersamaan dan semangat gotong-royong selalu ditunjukkan oleh para nelayan, seperti halnya saat mendorong perahunya agar dapat bersandar dengan aman di pantai, setelah melakukan perjalanan di laut dengan selamat.” Tandas Hendra.

(Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber https://gorontalokab.go.id.)

Pewarta: Riri Lihawa
Editor: Zulkifli Mile

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE