Wabup Fadli optimis penyusunan APBD 2018 lebih optimal

MANADO – Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah dinilai semakin optimal setelah adanya Permendagri nomor 33 tahun 2017 tentang pedoman penyusnan APBD tahun 2018. Optimisme itu terungkap melalui Wakil Bupati Gorontalo, Fadli Hasan, di tengah sosialisasi Permen 33/2017 oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, di Ball room Swis Bell Hotel Manado, Sulawesi Utara, Jumat (21/7).

“Keberhasilan pembangunan tidak akan lepas dari aspek pengelolaan keuangan daerah yang dikelola dengan menejemen yang baik. Melalui peraturan terbaru Mendagri Nomor 33 tahun 2017 ini setiap daerah tuntut lebih efektif terhadap penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018”, ujar Wabup Fadli saat diminta tanggapannya tentang implementasi Permendagri tersebut, Jumat.

Karenanya ia meyakini penganggaran daerah yang selaras dengan regulasi penyusunan APBD itu akan mengarahkan perhatian Pemerintah sehingga makin fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sosialisasi Permendagri 33/2017 tingkat Pemerintah Provinsi Gorontalo dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Prof. Winarni Monoarfa.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengikutkan sekuruh pejabat TAPD, masing-masing, Sekda Hadijah U. Tayeb, Asisten I Ayuba Hida, Asisten II Astri Tuna, Kepala BKAD Yusran Lapananda, Kepala Inspektorat Roswati Lasimpala, Kabag Hukum Rahmat Buloto, Kabag Ortala Rizal Lapananda, dan Kabag Ekbang Zulkifli Lasaleo.

Dipihak lain, Wabup Fadli menekankan hadirnya Permendagri tersebut akan mendorong penyusunan APBD Kabupaten Gorontalo dalam pencapaian prioritas pembangunan sehingga pelaksanaannya benar-benar bersinergi sesuai sasaran pembangunan nasional. (*)