LIMBOTO, – Wakil Bupati Gorontalo, Hi. Fadli Hasan, ST, M.Si, mengikuti Pembekalan Pemerintahan Dalam Negeri Bagi Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2017 yang berlangsung di Auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari kedepan ini dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi RI, Dr. Hi. Asman Abnur, SE, M.Si dan diikuti oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada serentak di Tahun 2015 dan 2017.

Kepala BPSDM Kemdagri, Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd, menjelaskan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan dan kapasitas Aparatur Pemerintah, khususnya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan prioritas dari Kementerian Dalam Negeri untuk menangani masalah SDM Aparatur Pemerintahan dalam Negeri. Ini rutin dilaksanakan khususnya bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dan tahun ini kami sudah programkan ada Lima angkatan yang akan mengikuti kegiatan seperti ini.” Terangnya.

Sementara itu Menteri PAN RB, Asman Abnur pada sambutanya meminta seluruh Kepala Daerah untuk fokus mengatur Aparatnya dalam peningkatan mutu layanan yang prima kepada masyarakat.

Menpan RB juga mewanti – wanti jangan sampai ada kebijakan Pemerintah Daerah tidak sejalan dengan program yang ada di karenakan ASN yang dimiliki tidak profesional dalam menjalankan tugas. “Permasalahan ini yang sering dihadapi oleh Kepala Daerah sebagai pemegang mandat dari Presiden untuk mengatur
Aparaturnya,” papar Menpan.

Menpan RB juga mengungkapkan, dari total 509 Daerah di Indonesia, tercatat ada 134 Daerah yang anggaran belanja pegawainya diatas 50 %. “Ini juga permasalahan mendasar saat ini yang harusnya diperhatikan oleh Bapak Ibu Kepala Daerah. Jika Belanja Pegawainya diatas 50 %, maka akan sulit mewujudkan program dan kebijakan sesuai dengan janji kampanye terdahulu,” lanjut Menpan pula.

“Memang tugas Kepala Daerah sangatlah berat, selain mengatur dan memimpin Masyarakat, juga ditutuntut untuk mampu menggerakkan dan mengatur Aparaturnya. Sehingga saya berharap Kepala Daerah saat ini dapat memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki untuk tujuan memajukan Daerah, Bangsa dan Negara yang kita cintai,” tutupnya.

Menanggapi apa yang disampaikan menteri PAN RB Wakil Bupati Fadli Hasan usai pembukaan kegiatan mengatakan, upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur adalah wujud dari reformasi birokrasi.

“Melalui reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap sistem penyelangggaraan pemerintah dimana uang tidak hanya efektif dan efisien, tetapi juga reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam perubahan kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Fadli.

Fadli juga mengatakan, akan terus mengkolabirasikan Program Nawa Cita dengan Program Nafas Cita untuk Kabupaten Gorontalo yang lebih baik kedepan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *