Tujuh Unit Proyek IPAL Diresmikan

Proyek Instalasi pembuangan air limbah (IPAL) pada tujuh kecamatan di Kabupaten Gorontalo diresmikan Bupati Nelson Pomalingo secara terpusat di Desa Hutabohu, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Senin (19/2).Pembangunan sarana tersebut masing-masing untuk masyarakat di
Kecamatan Bongomeme, Kecamatan Boliyohuto, Kecamatan Limboto Barat, Kecamatan Batudaa, Kecamatan Biluhu, Kecamatan Tolangohula, Dan Kecamatan Mootilango. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasati oleh Bupati.

Untuk pengelolaannya, Pemerintah Kecamatan telah membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Dengan begitu Bupati Nelson menekankan sarana IPAL tersebut dapat menunjang aktivitas masyarakat.

IPAL Komunal ini, bisa digunakan dengan baik, sudah ada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mendampingi dan seluruh masyarakat di desa Hutabohu, agar bisa digunakan dengan baik.

“Semua ini kita lakukan, tetapi yang paling utama bagaiamana penggunaan masyarakat. Kami Pemeritah Kabupaten hanya membangun, beserta kepala desa. Cuma bagaimana masyarakat menggunakan dengan baik, karena itu disini sudah ada KSM merekalah yang mendampingi dan seluruh masyarakat desa Hutabohu yang kurang lebih ada 50 Kepala Keluarga (KK). Tolong ini dijaga dengan baik, artinya kalau ini tidak dijaga dengan baik maka akan rusak. Sehingga kalau di jaga kita bisa terhindar dari penyakit” ungkapnya.

Tujuh unit IPAL di berbagai kecamatan itu menelan anggaran sedikitnya Rp. 3 milyar. Pada tahun 2018 ini kembali akan dibangun 13 unit dengan anggaran 8 Milyar, jelas Bupati.

Bagi artikel