Taman menara jadi pusat penyelenggaraan Tumbilotohe

Kemeriahan malam pasang lampu ‘Tumbilotohe‘ tahun 2018 di Kabupaten Gorontalo akan terpusat di Taman Menara Limboto. Tumbilotohe merupakan budaya rakyat Gorontalo yang juga dianggap bagian dari amaliah Ramadhan. Hal itu dikarenakan di setiap awal pemasangan lampu tradisional (lampu minyak) akan dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran (Surah Al-Qadr).

 

Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang memuat himbauan keikutsertaan seluruh instansi di Kabupaten Gorontalo untuk membangun arkus pemancangan lampu-lampu untuk menambah hikmah Ramadhan.

Lokasi pembangunan arkus oleh setiap OPD juga telah di tetapkan melalui lampiran surat edaran itu.

Selain internal Pemda, beberapa mitra usaha Pemerintah juga akan berpartisipasi pada kegiatan malam pasang lampu, utamanya unsur perbankan.

Sesuai rencana, kegiatan akan dibuka Bupati Gorontalo pada tanggal 11 Juni 2018. Panitia akan menyelenggarakan penilaian dan bakal menetapkan peserta terbaik.

Selain pelaksanaan tumbilotohe besar-besaran di Taman Menara, masyarakat pun dihimbau memancang arkus di sepanjang bahu jalan tepat depan rumah. (Kominfo Kab. Gto)