Tahun 2019 Peralatan Satpol Ditunjang DAK

LIMBOTO, – Direktur Satpol PP Kementrian Dalam Negeri, Ir. Asadullah, menyatakan, Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2019 akan membantu pendanaan Satuan Polisi Pamong Praja yang ada di daerah. Pendanaan itu untuk mendukung upaya Satpol PP dalam menegakkan tugas pokok.

Hal tersebut disampaikan Asadullah pada rangkaian Apel Akbar Tingkat Kabupaten Gorontalo, dalam rangka memeringati, HUT Satuan Polisi pamong Praja ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-56 dan Satuan Pemadam Kebakaran ke-99 Tahun 2018 yang berlangsung di Sport Center Limboto, Jumat (27/4).

___________________

Baca Juga: Bupati Nelson Irup HUT Linmas 2018

___________________

Pada tahun anggaran 2015 – 2016, kata dia, Direktorat Polisi Pamongpraja dan Perlindungan Masyarakat Kementerian Dalam Negeri memiliki Dana Alokasi Khusus, namun tahun 2017-2018 pendanaan masih difokuskan pada pengembangan infrastruktur.

Bakal adanya anggaran DAK pada tahun 2019 mendatang itu, ia menyatakan Direktorat Pol-PP Linmas Kemendgari akan dapat memfasiltasi kelengkapan peralatan Satpol di seluruh daerah, sehingga fungsi penegakan akan lebih optimal.

“Mudah-mudahan nanti tahun 2019 kita baru bisa bantu lagi Satpol PP yang ada di daerah. Ini sangat penting dalam melaksanakan tugas pokok,” terang Asadullah.
Bertindak sebagai inspektur pada upacara serangkaian hari perlindungan masyarakat Tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2018 itu Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Ia menjelaskan, tugas Satpol-PP adalah menegakkan Peraturan Daerah, melakukan keamanan dan ketentraman, dan menyelenggarakan perlindungan masyarakat. (Irfan/Johni/Kominfo).