Sudibyo Kagum Capaian Baznas Kabupaten Gorontalo

 

LIMBOTO – Meresmikan gedung Bazans di Kabupaten Gorontalo, Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Prof. Bambang Sudibyo, mengungkapkan kekagumannya atas capaian Kabupaten Gorontalo. Betapa tidak, jumlah pengumpulan zakat semula berkisar Rp. 40 juta meningkat tajam sebesar Rp. 300 juta setiap bulan. Capaian tersebut dinilianya berkat instrumen yang dilakukan kepala daerah. Sudibyo pun berharap kedepan Pemda Kabupaten Gorontalo akan lebih getol mendukung program Baznas dalam mengelola semua potensi zakat di daerah ini.

“Baznas Kabupaten Gorontalo itu memang instrumennya Bupati. Ini cukup membanggakan karena dari 30-40 juta naik mencapai 200-300 juta rupiah perbulan, sebuah kenaikan yang sangat signifikan. Apalagi juga kan, belum semua potensi zakat di Kabupaten dikumpulkan. Saya yakin kalau semuanya digarap pasti dapat mencapai 2 kali lipat,” ujar Sudibyo usai meresmikan gedung Baznas Kabupaten Gorontalo pada Rabu (4/7), seperti dirilis Bagian Kehumasan Setda Kabupaten Gorontalo.

Dikesempatan sama, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo mengakui masih ada potensi zakat yang belum tersentuh dengan baik, karenanya ia menargetkan Baznas Kabupaten Gorontalo harus bisa mencapai Rp. 500 juta setiap bulan.

“Saya punya target 500 juta potensi zakat perbulan yang masih harus dihimpun dari ASN, pengusaha dan juga dari masyarakat,” ujar dia optimis naiknya pencapaian Baznas akan lebih tepat sasaran sehingga dapat menyentuh lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

Bupati Nelson menekankan saat ini eksistensi Baznas telah berperan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat serta berpartisipasi membangun Kabupaten Gorontalo.