SOLUSI AREA LOW COVERAGE DI KABUPATEN GORONTALO. TELKOMSEL OPERASIONALNYA, PEMKAB INFRASTRUKTURNYA

BAGIKAN

LIMBOTO – Pihak Telkomsel menawarkan kepada Pemda Kabupaten Gorontalo agar menyediakan tower sebagai solusi penanganan blank spot area dan low coverage di beberapa titik yang terkendala jaringan selular. Selebihnya PT. Telkom akan menyediakan BTS dan komponen lain untuk mendukung program Pemkab Gorontalo.

“Mengingat komponen biaya investasinya besar maka kami berharap Pemda dapat menyediakan tower untuk new coverrage. BTS-nya akan diadakan Telkom”, ungkap Irvianti, Officer Large Enterprise Regional Account Management Sulawesi, Jumat (01/11/2019), dalam pertemuan tindak lanjut di ruang Upango Badan Keuangan Pemkab Gorontalo.

Pihak Telkomsel, kata dia, juga akan mendukung program smart city di Kabupaten Gorontalo.

 

 

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informafika Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, menjelaskan, penanganan area blank spot merupakan upaya yang dilakukan untuk menyahuti tuntuan deras yang selalu disampaikan masyarakat kepada Bupati.

“Karenanya Pak Bupati telah menandatangani MoU dengan pihak Telkomsel di Jakarta Senin lalu. Hari ini merupakan tindaklanjutnya”, kata Haris.

Melihat adanya tawaran penyediaan tower kepada Pemda, Haris menilai pembangunan tower oleh Pemda bisa memberi nilai tambah untuk PAD, karena selain untuk memecahkan masalah sarana informasi yang dibutuhkan masyarakat, Pemda juga bisa menarik retribusi dari jasa penggunaan tower oleh pihak lain.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Hadijah U. Tayeb, meminta upaya penanganan area blank spot melalui kerja sama Pemkab Gorontalo dengan Telkomsel harus saling menguntungkan.

“Begitu besarnya peran informasi, menyebabkannya sudah beranjak menjadi satu kebutuhan”, ujar Hadijah.

Hanya saja ia mengingatkan kerja sama tersebut harus mengacu pada aturan penganggaran.

“Mudah-mudahan ada solusi, saling take and give untuk kedua belah pihak”, ucap Hadijah. Ia berharap pertemuan itu akan menjadi solusi bagi pengembangan smart city di Kabupaten Gorontalo. #

BAGIKAN