Siswa dan Aparat Daerah mulai beraktifitas dari rumah

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

LIMBOTO – Mulai tanggal 24 Maret hingga 6 April 2020, seluruh anak didik jenjang pendidikan dasar di wilayah Kabupaten Gorontalo diminta belajar mandiri di rumah. Hal itu sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang menerapkan sistem physical distancing kepada masyarakat untuk melawan penyebaran Covid 19.

Kebijaksanaan Pemkab Gorontalo kepada para anak sekolah untuk belajar mandiri tersebut tertuang dalam surat edaran  Nomor: 800/BK-Diklat/III/2020 yang antaranya menyebit bahwa Pemerintah mengambil langkah meliburkan siswa di segala jenjang pendidikan dasar (TK/PAUD, SD, dan SMP) untuk mencegah corona.

Diterapkannya sistem ini pun diminta dapat dilakukan dengan benar, karenanya anak sekolah dilarang berkeliaran dan belajar mandiri atau melalui bimbingan orang tua dirumah. Sedangkan pelaksanaan ujian tetap akan dijalankan sebagaimana metode yang telah ditetapkan.

Dalam edaran itu, Pemkab Gorontalo juga akan memberlakukan kewajiban bagi para ASN sehingga mereka melaksanakan tugas kantor dari rumah. Para ASN pun wajib melaporkan hasil pekerjaan kepada pimpinannya.

“Mulai besok, seluruh ASN bisa bekerja dari rumah, khusus sekolah mulai besok juga tempat belajar kita pindahkan dari sekolah ke rumah,” ujar Bupati Gorontalo, usai rapat terbatas di rumah dinas bupati, Senin (23/03/2020).

Sedangkan untuk menyahuti kebutuhan layanan publik, beberapa kantor nampak masih akan melakukan aktifitas, seperti rumah sakit/puskesmas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau OPD terkait tetap buka.

Bupati Nelson berharap, segala kebijakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam upaya pencegahan wabah corona ini bisa mendapat dukungan dari masyarakat.

“Semoga Kabupaten Gorontalo, bahkan Provinsi Gorontalo aman dari corona, dan kita terus dinamis membangun daerah. Jangan panik, tapi juga harus waspada,” ujar Bupati. #

Bagikan artikel: