Simak Rekomendasi The 1th International Conference Danau Limboto

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Sang Profesor yang ahli lingkungan ini kembali tampil dengan sebuah gagasan cerdas untuk menyelamatkan Danau Limboto. Nelson Pomalingo memang kaya dengan pikiran pikiran cemerlang Lewat the International Conference on Limboto Lake ( konferensi internasional Danau Limboto). Kegiatan ini pun sebagai rangkaian Karisma Event Nusantara (KEN) festival pesona Danau Limboto (FPDL). konferensi internasional Danau Limboto terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo dan BAPPEDA Provinsi Gorontalo, bertempat di Resto Pentadio Resort (kawasan Danau Limboto). Hadir dalam kegiatan ini dari unsur Forkopimda, para rektor universitas, pimpinan OPD provinsi kabupaten kota. Keynote speaker Mrs. Hisanari Sugawara, Ph.D, Prof. Kasamatsu, Dr. Togu Pardede Bappenas RI, Dr. Asep Kurnia Permata dari Badan Geologi Kementerian ESDM, badan pengelola UNESCO, dan Bappeda Provinsi Gorontalo.

Bupati Nelson mengatakan,kegiatan ini sebagai langkah bahan evaluasi sejauh mana informasi – informasi perkembangan danau limboto tapi paling utama menyelamatkan danau limboto.
Nelson mangatakan,danau limboto masuk dalam daftar danau terkrisis di Indonesia.karena itu kata Nelson berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah agar danau Limboto bisa terselamatkan, Salah satunya dengan memasukkan danau terbesar di Gorontalo sebagai salah satu GeoPark dunia.
Bupati dua periode ini pun optimis jika danau Limboto secara ekologi akan menjadi GeoPark maka danau Limboto tak hanya menjadi perhatian lokal atau nasional, tapi Danau Limboto sebagai penyangga kehidupan ekonomi masyarakat tersebut akan menjadi perhatian Internasional.

“Ini adalah langkah mulus Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Sebagai target secara khusus membuat the 1st International Conference on Limboto Lake. dengan menghadirkan UNESCO sebagai lembaga internasional yang mengurusi soal Geo Park. Juga menghadirkan perwakilan Bappenas.

Rekomendasi The 1th International Conference Danau Limboto

  1. Geopark merupakan salah satu kunci upaya perlindungan geologis, budaya, dan seluruh warisan keanekaragaman hayati di sekitar Gorontalo. Danau Limboto sebagai maskot utama Geopark Gorontalo, mewakili seluruh situs geopark yang terkait, juga mensosialisasikan kesadaran bersama untuk melestarikan danau.
  2. Mengusulkan Geopark Danau Limboto Akan mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan mitigasi bencana, bersamaan dengan aspek geokonservasi dan ekonomi, khususnya untuk pengentasan kemiskinan di sekitar masyarakat Danau Limboto, juga terintegrasi dengan Pengelolaan Danau Limboto sebagai zona prioritas Pemerintah Pusat.
  3. Diperlukan suatu forum yang memfasilitasi kerjasama multi pihak pengelola Geopark, baik pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat, serta perguruan tinggi dan organisasi masyarakat sipil, sebagai embrio kelembagaan pengelolaan Geopark.
  4. Beberapa permasalahan yang harus dipecahkan terkait dengan realisasi Geopark Danau Limboto :
    a.sebuah. Limbah rumah tangga di sekitar danau
    b. Dokumen persyaratan pendukung sebagai proposal geopark
    c. Membangun partisipasi masyarakat
    d. Penataan zona geopark meliputi panduan dan informasi
    e. Pembatasan penambangan liar di sekitar Danau Limboto.
  5. Melaksanakan pemenuhan kebutuhan geopark dengan cara mengikutsertakan program dan kegiatan yang terintegrasi pada setiap organisasi Pemerintah Daerah.

Liputan: Irfan Mohamad

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE