Siap berkompetisi Pekerja Harus Miliki 3 Kriteria, Apa saja?

Gorontalo – Ada tiga kriteria yang wajib dipenuhi seorang tenaga kerja ketika hendak terjun mengisi peluang di era globalisasi. Demikian ungkap Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, saat membuka Pelatihan dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Agenda tersebut digelar Pemda Kabupaten Gorontalo di Maqna Hotel Gorontalo, Minggu (26/8).

Lantas apa ke tiga kriteria utama yang harus dimiliki seorang tenaga kerja? Bupati Nelson menyebut, kriteria-kriteria itu adalah keterampilan, pengetahuan, dan sikap.

“Jika salah satunya tidak terpenuhi maka belum tentu bisa dikatakan professional. Apalagi terkait SDM di bidang TIK yang sangat dibutuhkan untuk mengisi pembangunan di era digital. Menjadi problema adalah orang yang ketrampilannya hebat, pengetahuan hebat tapi sikapnya kurang baik”, ungkapnya.

Bupati Nelson pun menyebut masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA sebagai salah satu contoh tantangan dibidang ketersediaan tenaga kerja yang siap pakai.

MEA, dijelaskan, memiliki pola integrasi ekonomi regional dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free_trade, antara negara-negara anggota ASEAN. Indonesia termasuk menyepakati suatu perjanjian MEA tersebut.

Persaingan global itu pun disebut sangat menuntut adanya profesionalisme tenaga kerja. Olehnya Pelatihan dan SKKNI yang digelar Pemda Kabupaten Gorontalo pada tahun 2018 diharap makin membuka peluang bagi masyarakat, sehingga mereka dapat bersaing mengisi lapangan kerja di era globalisasi yang menuntut adanya profesionalisme.

Peserta Pelatihan dan SKKNI foto bersama usai pembukaan kegiatan, Minggu (26/8) di Maqna Hotel Gorontalo.

Di kesempatan sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin, M.Pd, dalam laporannya mengungkapkan pelatihan dan SKKNI dilaksanakan atas kerja sama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo dengan Balai Pengembangan SDM Kominfo Manado.

“Ada 75 peserta yang mengikuti sertifikasi ini. Mereka semuanya saya minta mengikuti kegiatan dengan serius dan target lulus. Peserta ini kedepan diharapkan bisa memberi kontribusi bagi pembangunan daerah, bangsa dan negara, yakni dengan keahlian yang mereka miliki”, ujar Azis. (JnMile)

Bagi artikel