Shopping Centre Limboto Akan Direvitalisasi Jadi Pasar Modern

GORONTALO – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa Shopping Centre Limboto akan direvitalisasi menjadi sebuah pasar modern yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Bahkan menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo berencana membuat Shopping Centre itu sebagai salah pusat grosir terbesar di Provinsi Gorontalo.

“Ini dalam rangka menjadikan Limboto sebagai pusat perekonomian di Gorontalo. Selain itu shopping centre ini pula sebagai ikon Kota Limboto,” ujar Nelson sesuai memimpin rapat pembangunan Shopping Centre, di Kantor Bupati Gorontalo, Kamis (24/7/19).

Ia menuturkan mengapa revitalisasi Shopping Centre itu dilakukan lantaran melihat fakta bahwa adanya kebakaran, lingkungan yang kumuh, saluran air yang rusak dan lainnya pun mengalami kerusakan. Sementara kegiatan ekonomi di pasar ini terus mengalami perkembangan.

“Maka melalui anggaran perencanaan Pemkab Gorontalo tahun 2019 pasar ini akan dibangun. Tadi kita sepakati bahwa Shopping Centre harus direncanangan secara komprehensif. Saya sudah meminta kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo untuk membuat denanya. Baik itu pasar tradisonal, terminalnya, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan saluran airnya,” jelas Nelson.

Menurutnya, perencanaan pembangunan Shopping Centre tersebut pada bulan Agustus 2019.

“Tadi sudah banyak masukan, soal arsiteknya, soal asisbilitinya, soal kenyamanan, bagaimana memperhitungkan kebencanaan, soal kemauan pedagang, kemauan pembeli dan seterusnya terus dipertimbangkan,” kata Nelson.

Setelah perencanaan ini selesai lanjut Nelson maka Pemkab Gorontalo akan membicarakan hal tersebut dengan pihak DPRD Kabupaten Gorontalo.

“Memang Pemkab Gorontalo sudah lama menganggarkannya tapi itu hanya dari sisi jumlah anggarannya. karena perencanaannya belum selesai maka itu menjadi kendala.”

Dia menambahkan bahwa yang paling utama adalah kapan untuk memulai pembangunan Shopping Centre tersebut. Karena menurutnya tidak hanya desain perencanaan dan anggarannya yang perlu diperhatikan.

“Yaitu Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dalam bentuk upah, Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL-UKL) kemudian bagaimana rencana pemindahan masyarakat agar mereka nyaman,” tegas Nelson.

“Satu lagi kita akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang akan menghadirkan stokeholder termasuk pedagang. Karena sebelum membangun harus disepakati dan punya prespsi yang sama,” sambung Nelson.

Bupati Gorontalo itu menegaskan bahwa intinya pada tahun 2019 ini pihaknya akan membangun Shopping Centre tersebut.

“Tahun ini paling lambat bulan November 2019 untuk memulai pembangunannya,” tandasnya. ***

 

(Artikel ini seperti dilansir https://cakrawala.co/shopping-centre-limboto-akan-direvitalisasi-jadi-pasar-modern/)

Bagikan: