Seluruh Puskesmas di Kabupaten Gorontalo dilengkapi APD

Paket alat pelindung diri (APD) diserahkan Bupati Gorontalo keseluruh Puskesmas secara simbolis berlangsung di kantor Dikes Kab. Gorontalo, Senin (13/4).

LIMBOTO – Bupati Nelson Pomalingo membagikan alat pelindung diri (APD) kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Gorontalo sehingga para petugas Puskesmas yang terdepan melawan Covid-19 akan terlindungi karena memberlakukan SOP sesuai standar protokol kesehatan.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum ada yang postif. Melihat eskalasi yang ada, yang utama itu adalah orang yang terdepan, seperti para medis dan petugas gugus tugas, mereka perlu dilindungi dengan disiapkan APD,” ungkap Bupati Nelson kepada Wartawan usai menyerahkan secara simbolis APD untuk seluruh Puskesmas, Senin (13/04/2020), di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo.

Demi efiensi penanganan Covid-19, ia juga meminta pemanfaatan APD tersebut tepat sasaran, disamping menghimbau para petugas medis di Puskesmas untuk menjaga kebugaran.

“Jadi saya minta pertama gunakan ini tepat sasaran, kedua para petugas ini tetap menjaga kondisi tubuh, karena kalian adalah garda terdepan,” kata Bupati Nelson.

Di kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, mengatakan, ada sekitar 200 set APD yang disiapkan oleh Pemkab Gorontalo. “Namun baru 42 set yang dibagikan ke seluruh Puskesmas”, ujarnya.

Sebelumnya, pada beberapa kesempatan Satuan Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Bidang Kesehatan Kabupaten Gorontalo yang dipimpin langsung Bupati Nelson Pomalingo telah membagikan alat pelindung diri di tempat-tempat kerumunan masyarakat, seperti di pasar-pasar tradisional dan terminal. Warga pun diminta menerapkan social distancing dengan mengenakan masker dan menjaga jarak. 

“Hingga saat ini daerah Kabupaten Gorontalo belum terpapar korona atau COVID-19. Saya kira ini merupakan upaya kita semua mencegah penyebaranya yang melibatkan seluruh elemen Pemerintah dari tingkat desa hingga kabupaten,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu.

#