Sekkab Hadijah terima cetak biru RITIK

LIMBOTO – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb, ME, menerima blue-print (cetak biru) rencana induk teknologi informasi (RITIK) dari Ketua BPSDMP Kementerian Kominfo RI Manado, Christiany Juditha, S.Sos, MA, pada pelaksanaan seminar tahap akhir RITIK Kabupaten Gorontalo, di ruang Madani, Selasa (30/10).

Blue-print tersebut memuat rumusan rencana pengembangan TIK yang dapat menjadi landasan pengambilan kebijakan pembangunan infrastruktur di daerah ini selama tahun 2018 – 2022.

 

Sebelumnya BPSDMP bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, serta Badan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Gorontalo melakukan survey terhadap kondisi infrastruktur TIK di seluruh unit Organisasi Perangkat Daerah dan Kantor Camat.

 

Juditha, menjelaskan, survey TIK di wilayah Kabupaten Gorontalo fokus pada poin-poin meliputi kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, system informasi, dan SDM. BPSDMP dan tim daerah, jelasnya, telah merumuskan landasan pengembangan e-gov sesuai visi-misi Pemerintah yang menjadi lokus survey. Karenanya hasil rumusan RITIK itu pun diharap efektif-efisien dalam upaya perwujudan teknologi informasi sebagaimana cita-cita Bupati Gorontalo.

Di kesempatan sama, Sekkab Hadijah U. Tayeb membuka kegiatan seminar nampak optimis. Ia mengungkapkan hasil penyusunan RITIK Kabupaten Gorontalo yang telah melewati berbagai tahapan penelitian tentu akan memperkuat tata kelola e-government, dapat mendukung pengembangan manajemen sumber daya informasi yang berkualitas dan terintegrasi. Dokumen RITIK pun dirasa akan menginovasi pelayanan publik.

Cetak biru RITIK diterima Sekkab Hadijah antaranya meliputi strategi peningkatan kompetensi SDM TIK dalam bidang perencanaan, sistem pemerintahan berbasis elektronik, rekayasa proses bisnis pemerintahan, pengelolaan TIK yang terintegrasi, aman, dan andal, dan pengelolaan layanan yang inovatif, adaptif dan responsif. (Jn)