Sekda Roni: Kita Akan Eliminasikan Ketiga Penyakit

LIMBOTO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir pimpim rapat pertemuan kemitraan untuk penyakit Aids, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM).

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Madani, Kantor Bupati Gorontalo itu mengangkat topik “ Kebijakan dan Strategi Daerah Dalam PP ATM untuk menuju Kabupaten Gorontalo Eliminasi ATM Tahun 2030. Jumat,(4/11/2022).

Pada kesempatan itu, Roni mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Gorontalo bertekad akan eliminasikan ketiga penyakit tersebut yaitu Aids, Tuberkulosis, dan Malaria.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir pimpim rapat pertemuan kemitraan untuk penyakit Aids, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM)

“Tuberkolosis itu sendiri mungkin kita lebih bagaimana mencegah supaya tidak terjadi penularan dan bagaimana orang yang sudah terkena penyakit TBC itu cepat sembuh.

Lanjut Roni, Pemkab Gorontalo juga akan mengupayakan program in tidak hanya dari dinas kesehatan tetapi juga melalui dana didesa dan juga CSR untuk bisa berkontribusi didalam pembiayaan dalam mengeliminasi ketiga penyakit tersebut.

“Jadi ada juga sosialisasi sampai ke tingkat desa dan puskesmas bagaimana untuk penumbuhan dini terhadap ketiga penyakit ini dan kita upayakan pencegahan dan pengobatannya sampai penyakit itu tidak ada, sehingga kita bertekad tiga tahun kedepan kita eliminasi penyakit itu,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Ismail Akase menambahkan bahwa malaria ditargetkan akan dieliminasi tahun depan sedangkan kasus aids sejak ditemukan terdapat 197 kasus dan ini akan terus meningkat sehingga menjadi tanggung jawab bersama.

“Kemudian Tuberkulosis sudah beberapa tahun kemarin sudah dilaksanakan kegiatannya dan banya Inovasi yang dilakukan puskesmas,” ungkapnya

Oleh karena itu dalam rangka untuk mengeliminasi ketiga penyakit itu maka dibutuhkan semua lintas sektor akan berperan.

“Sehubungan dengan kasus yang masuk di SPM itu wajib kita anggarkan disisa anggaran. wajib kita lakukan kegiatan mendukung sehingga target eliminasi akan tercapai, tandasnya

Laporan: Riri Lihawa, Tiwy Pou

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE