Sekda Hadijah: Dana Pilkada Ketambahan Anggaran Pengadaan APD

LIMBOTO – Pemerintah akan menambah anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) demi mengakomodir pengadaan alat kesehatan dalam rangka pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19. Begitu kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Ir. Hadija U. Tayeb, M. M., usai mengikuti webiner menggunakan aplikasi zoom meeting, Rabu (10/06/2020), di Limboto.

Ia mengatakan, penambahan anggaran itu sebagaimana telah dibahas oleh Kemendagri, KPU, bersama Bawaslu dan Balitbang.

“Dana tambahan, nantinya bakal dipakai membeli alat pelindung diri (APD) untuk para petugas penyelenggara pemilu”, kata Hadija.

Karenanya ia menekankan di pemilukada nanti masyarakat akan melihat para penyelenggara pemilu akan berbeda penampilan karena akan menggunakan alat pelindung diri.

“Kita akan lebih menitikberatkan pada keamanan penyelenggara karena sekarang kan dalam pandemi Covid, sehingga protokoler kesehatan harus dikedepakan dalam pelaksanaan pilkada,” jelasnya.

Untuk besaran anggaran tambahan (pengadaan APD) nampak masih akan menunggu kajian lebih lanjut.  Hadija menyebut, dananya bisa bersumber dari APBN dan APBD,  namun mempertimbangkan kemampuan APBD.

“Anggaran yang akan dibahas mungkin melalui APBN untuk hal-hal yang ada hubungannya dengan covid seperti APD, rapid test dan sebagainya,” kata Hadijah.

Sebelumnya, Pemerintah telah menerbitkan Perppu Pilkada untuk memundurkan jadwal tahapan pemilihan kepala daerah akibat pandemi Virus Corona.

#

Bagikan artikel: