Sekda Hadijah, Buka Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO – Sekretaris Daerah Ir. Hadijah Tayeb Rabu, (21/07/2021), membuka Rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Gorontalo Tahun Anggaran 2021.

Rakor yang bertempat di Aston Gorontalo Hotel & Villas Kota Gorontalo. megusung tema “Penyelesaian Konflik Pertanahan Untuk Mewujudkan Kepastian Hak Atas Tanah Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Mandiri”.

Sekda Hadijah mengatakan, menyambut baik atas penyelenggaraan rakor Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) tahun 2021.

”Ia berharap kepada semua tim gugus tugas reforma agraria Kabupaten Gorontalo untuk tetap mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini”, tutur Hadijah.

Lanjut Hadijah gugus tugas reforma agraria memiliki arti penting sebagai upaya menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan permukaan bumi dalam mewujudkan fungsi sosial atas tanah.

“Karenanya, sinergitas antara badan pertanahan nasional dan pemerintah daerah serta instansi yang terkait sangar diperlukan”, Sambung dia.

Untuk mendorong tercapai nya program reforma agraria yang dimaksud, maka di terbitkan lah Perpres Nomor 86 tahun 2018 tentang reforma agraria. Namun, saat ini masih banyak terjadi permasalahan sengketa konflik agraria.

Oleh karena itu, kita harus mengambil sikap dan menentukan langkah – langkah nyata. dengan adanya tim gugus tugas reforma agraria, mampu mengatasi setiap permasalahan agraria yang ada di daerah”, tandas Hadijah.

Sementara itu Kepala BPN Kabupaten Gorontalo, Abu Bakar Deu menyampaikan, rakor ini dilaksanakan sebagai upaya koordinasi awal dalam memberikan arahan kepada tim tugas reforma agraria terkait tugas dan fungsi Antara lain.

Untuk memperkuat kapasitas pelaksanaan agraria, mengkoordinasi penyerdian objek reforma agraria dalam penataan aset, intergrasi pelaksanaan penataan aset dan penataan akses, memfasilitasi dan pemberdayaan masyarakat serta penyelesaian konflik agraria di tingkat Kabupaten Gorontalo.

“Melalui rakor tersebut, untuk meberikan arahan terkait tupoksi tim reforma agraria maupun peningkatan sinergitas seluruh stakholder tim reforma agraria demi mengsingkrongkan dan mengkoordinasikan data potensi tanah dan objek agraria di Kabupaten Gorontalo”, pungkasnya.

(rif)

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange