LIMBOTO, – Pada setiap agenda safari Ramadhan tahun ini ke seluruh kecamatan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo  me_reward kelembagaan masjid  berprestasi. Ada sebesar Rp. 5.000.000,- yang diserahkan Pemda ke setiap takmirul masjid desa berprestasi.

Sesuai data Sub Bagian Keagamaan dan Adat Istiadat Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Budaya Setda Kabupaten Gorontalo, masjid penerima dana itu pada tahun 2017 mencapai 205 desa, terdiri dari 191 masjid di desa dan 14 masjid di kelurahan.

Bagian Kesra Budaya mendasarkan indikator prestasi masjid pada aspek idarah, imarah, dan riayah. Idarah mencakup struktur organisasi dan administrasi kesekretariatan. Imarah mencakup ketersediaan sarana peribadatan dan ketersediaan sarana pendidikan. Sedangkan raiyah mencakup ketersediaan pengeras suara, tempat wudlu, pembuangan air, adanya keranda jenazah, serta kebersihan masjid.

Menurut Herman,  salah seorang staf Bagian Kesra Budaya, pemberian reward bagi masjid berprestasi memang ditujukan untuk mendukung kegiatan operasional masjid. Namun begitu Pemda Kabupaten Gorontalo, tambah dia, berharap apresiasi dalam bentuk reward tersebut mampu mempertahankan semangat masyarakat dalam memakmurkan masjid.( *)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *