Sebelas Puskesmas Beralih Status Jadi BLUD

Sebelas unit pusat kesehatan masyarakat (PKM) di Kabupaten Gorontalo bakal beralih status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Demikian terungkap dalam rapat penilaian pengalihan PKM yang dipimpin Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb, di ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo.

Seperti dirilis website Bagian Kehumasan Kabupaten Gorontalo, pada kesempatan itu ada dua puluh satu kepala PKM memaparkan materi terkait mekanisme penilaian, meskipun untuk tahun ini baru sebelas PKM yang berpeluang alih status.

”Dalam kegiatan ini nanti para kepala puskesmas paparkan mekanisme penilaian persyaratan administratif BLUD, yang terdiri dari persyaratan substantif, persyaratan teknis dan persyaratan administrasi dari pola PPK berlaih ke BLUD,” Ungkap Sekkab Hadijah Tayeb dirilis Bagian Kehumasan, Minggu (21/10).

Hadijah di damping Kepala BKD Diklat Kabupaten Gorontalo Safwan T. Bano, berharap semua PKM bisa memaparkan kelengkapan administrasi secara lengkap, karena menurutnya, pada rapat tersebut merupakan tahap bertukar pikiran untuk menyatukan persepsi pematangan status PKM ke BLUD.

Dalam pemberitaan melalui website tersebut, diungkap penerapan pola pengelolaan keuangan BLUD merupakan pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (Jn)