Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Saatnya Petani Gunakan Pupuk Organik

Nelson Pomalingo. (Foto: cakrawala.co)

LIMBOTO – Ketersediaan bahan pupuk organik yang melimpah memberi peluang bagi petani di wilayah Kabupaten Gorontalo agar dapat bijak mengolah lahan pertaniannya secara baik. Upaya itu terlihat dari himbauan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo kepada petani untuk menggalakkan pemanfaatan pupuk jenis organik dalam rangka membangun produksi pangan yang sehat dikonsumsi.

Saat itu Fakultas Pertanian Unsrat Manado mensosialisasikan tentang pupuk organik.

“Pupuk anorganik yang melimpah di hari inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa saat ini masyarakat dunia merana. Hal itu karena dengan penggunaan pupuk anorganik yang besar (tak terukur), hasil tanaman menjadi tidak sehat dan menimbulkan berbagai penyakit”, tutur Bupati Nelson dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi pemanfaatan pupuk organik cair (POC), di Aula Kantor Camat Tilango, Kabupaten Gorontalo, Jumat (31/01/2020).

Terungkap, penggunaan pupuk berbahan kimia yang tidak terukur disinyalir bisa menimbulkan dampak yang justru merusak kesuburan tanah. Hal ini karena pupuk kimia yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik tenyata mengandung kadar hara tinggi.

Melihat fakta-fakta yang ditimbulkan pupuk anorganik, Bupati Nelson menghimbau kepada petani untuk mulai membiasakan penggunaan pupuk organik.

Sedangkan berbagai hasil penelitian mengungkap bahwa pupuk kimia mengandung berbagai zat-zat yang dapat merusak kesehatan manusia seperti timbal, benzea, merkuri, PCB dan siklodiena, Organofosfat dan karmabat, serta klorin. #

Bagikan artikel:
error:
Secured By miniOrange