Ribuan Nakes di Kabupaten Gorontalo Peringati HKN Ke- 58

LIMBOTO – Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN), Ke-58 tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2022, ribuan tenaga kesehatan (Nakes) mengikuti jalan sehat. Kegiatan itu pun disandingkan dengan deklarasi puskesmas ramah anak serta pelaksanaan senam Corona massal, di lapangan karya Isumu Kecamatan Tibawa, Minggu (5/11/2022).

Kegiatan yang dibuka secara resmi Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo tersebut diawali pula dengan pelaksanaan Deviley oleh ribuan nakes dari unsur puseksmas se Kabupaten Gorontalo, tenaga Dokter RS MM dunda Limboto, RM Boliyohuto dan RS Bayabgkara.

Turut hadir Sekertaris daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Armin Naway, Pimpinan OPD, Forkopimnda Kabupaten Gorontalo serta undangan lainnya.

Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo dalam sambutannya menyampaikan, apresiasnya atas terselenggaranya kegiatan yang dikoordinir dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo bersama jajaran nakes dari unsur puskesmas se Kabupaten Gorontalo dan para tenaga dokter.

Nelson berharap, dengan kegiatan peringatan HKN ke-58 menjadi sebuah momentum pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Hari Kesehatan Nasional (HKN), Ke-58 tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2022, diawali dengan jalan sehat.

Lanjut Nelson, sehat itu penting, orang sehat menjadi cerdas dan orang sehat menjadi produktif. Hal ini kata Nelson, sesuai temanya Sehat, cerdas GenerasiKU Bangkit KabupatenKU.

“Oleh karena itu, kebangkitan yang kita canangkan tanpa tidak sehat, itu tidak akan terjadi,” ujar Nelson.

Nelson mengatakan, Untuk mewujudakan itu, pemerintah Kabupaten Gorontalo terus benahi sektor kesehatan.

Bupati dua periode itu mengatakan, Bicara kesehatan berarti bicara pelayanan sehingga selama kepemimpinan dirinya ada tiga rumah sakit lahir. Yakni rumah sakit Boliyohuto, rumah sakit bhayangkara dan rumah sakit korem termasuk dua puskesmas yaitu puskesmas Kecamatan Bilato dan Puskesmas Dulamayo selatan.

“Itu yang pertama fasilitas yang terus dibenahi,” ungkap Nelson.

Pelaksanaan Senam Corona, di Hari Kesehatan Nasional (HKN), Ke-58 tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2022

Hal kedua, Kata Nelson, tentunya sumber daya manusia yang terus didorong.

“Kita bergembira disisni ada perguruan tinggi dengan harapan kolaborasi dengan semu perguruan tinggi itu sehingga Sumber daya manusia meningkat dari sisi jumlah maupun kualitas,” beber Nelson.

Ketiga, yang perlu dibenahi adalah sistim, manazemen. Karena itu, dirinya berharap manazemen di seluruh puskesmas dan rumah sakit dibenahi dengan baik dalam rangka pelayanan.

“Ini yang saya minta dan mudah-mudahan tahun depan betul-betul On The Track sesuai harapan kit bersama,”tandas Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Ismail Akase, S.Kep, M.Kes menambhkan, kegiatan pada hari ini adalah pembukaan berbagai kegiatan dalam rangka peringati HKN ke -58 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Gorontalo di laksanakn di Kecamatan Tibawa.

Selanjutnya, Kata Ismail Akase, kegiatan selanjutnya akan dipusatkan di Kecamatan Limboto tepatnya di Food Corn yakni lomba Vokalia dan dance dengan pesertanya tenaga kesehatan.

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturahim bagi tenaga kesehatan karena dua tahun kemarin kami tidak bisa melaksanakan HKN karena dilanda Covid-19, sehingga hari ini bentuk kegembiraan nakes di Kabupaten Gorontalo,” ucap Ismail Akase.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas sumbangsih Bupati Gorontalo yang terus memberikan perhatian kepada jajaran kesehatan baik itu sumbangsih kebijakan dan anggaran.

“ini dibuktikan dengan peningkatan pembangunan fasilitas kesehatan di Kabupaten Gorontalo dengan bertambahnya dua puskesmas dan RS Boliyohuto yang sementara berlanjut pembangunannya,” Pungkas Ismali.

Terkahir, ismail Akase menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri dan pemangku kepentingan lainnnya yang telah mendukung pelayanan kesehatan karena selama dua tahun ini TNI dan Polri berpartisipasi besar dalam hal pelayanan Vaksinasi.

Liputan: Irfan Mohamad

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE