Rapat Bareng Gubernur, Nelson Paparkan Kemajuan Kabgor Selama 5 Tahun

KABGOR – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima kunjungan kerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Pertemuan yang digelar di Rudis Bupati

Kunker Gubernur Gorontalo bersama jajaran Pemerintah Provinsi dalam rangka pemaparan program Provinsi Gorontalo Tahun 2021 di Kabupaten Gorontalo Selasa, (02/03/2021).

Pada kesempatan itu, Nelson juga memaparkan kondisi umum di Kabupaten Gorontalo. Mulai dari pertumbuhan penduduk, tingkat kemiskinan hingga problem sosial lainnya.

Mantan rektor itu menguraikan, selang 2016-2021 Kabgor mencatatkan peningkatan di semua sektor. Tingkat IPM contohnya, dari tahun 2016 yang hanya 64 persen, kini meningkat jadi 66,92 persen. Peningkatan juga terlihat pada penurunan angka kemiskinan, yang di 2016 berada diposisi 21,8 persen kini menurun hingga 17,02 persen. Atau dirata-ratakan turun 1 persen per tahun.

Penurunan ini juga menyumbang penurunan angka kemiskinan ditingkat provinsi. Yang menggembirakan sesuai hasil evaluasi RPJMD 2016-2021, capaian pembangunan Kabgor melampaui target 100,253 persen, dengan kerja sama dan optimalisasi sumber daya alam yang bertengger di posisi teratas.

Proporsi hasil selama yang gemilang, melampaui target mencapai 33 persen, yang tinggi 53 persen, sedang 25 persen dan yang rendah 4 persen. Peningkatan juga terlihat dari sisi pelaporan, LAKIP Kabgor yang tadinya CC kini menjadi B, demikian pula pengelolaan keuangan yang terus membaik. Selain itu Nelson juga memaparkan perkembangan penanganan Covid, dari pencegahan hingga pelaksanaan vaksinasi.

“Untuk perencanaan 2021-2026, titik berat kami bagaimana membangun Kabupaten Gorontalo yang Gemilang. Jadi kuta memantapkan apa yang telah dilakukan periode sebelumnya,” terang Nelson.
Sementara itu terkait rencana Pemkab merelokasi RS Dunda juga mendapat respons positif.

“Rumah sakit Dunda akan dijadikan rumah sakit Ibu dan anak ini, sangat bagus sekali,” tutur Gubernur.
Tak hanya itu Rusli juga menyebut program pembangunan di Kabupaten Gorontalo juga begitu baik.

“Saya setuju tadi program pak bupati sangat fokus, masalah SDM, Kesehatan, Infrastruktur dan lingkungan serta pariwisata, ini saja yang dikembangkan terus, bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menurunkan angka kemiskinan,” tuturnya lagi.

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange