Potensi bidang teknologi komunikasi jadi perhatian

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin, M.Pd, terima Tim Studi Banding DPRD Kota Kotamobagu, di Kantor Dinas Kominfo, Kamis (13/9). Dalam dialog yang berlansung hangat kedua belah pihak membicarakan soal pengelolaan potensi dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Gorontalo, antaranya, pengelolaan tower komunikasi dan literasi penggunaan internet bagi siswa. (Foto: Jn/Kominfo)

 

LIMBOTO – Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi disyukuri telah mendorong peradaban masyarakat. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya, telah menyebabkan hampir seluruh pelaku di sektor privat menerapkan teknologi informasi dilingkungan kerja.

Kondisi itu nampak mendorong Pemerintah di daerah untuk lebih serius menggali potensi dibidang komunikasi.

*****

Fenomena tersebut menjadi topik perbincangan antara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin, M.Pd, dengan tim studi banding (stuban) dari Pemkot Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (13/9), di Dinas Kominfo.

Pada kesempatan itu kedua belah pihak saling berbagi informasi dan strategi pengelolaan potensi di bidang komunikasi. Juga bagaimana antisipasi terhadap dampak perkembangan internet bagi masyarakat.

Azis mengatakan, Kabupaten Gorontalo adalah daerah yang akan terus mengalami peningkatan dari sisi kelengkapan sarana prasarana komunikasi. Maka strategi pengelolaan retribusi sarana komunikasi telah dikelola secara sistematis untuk mendukung pendapatan asli daerah (PAD).

 

Tim Stuban DRPD Kotamobagu diterima Kepala Dinas Kominfo Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin beserta para Kepala Bidang.

Soal potensi di bidang komunikasi seperti retribusi, kata Azis, ditangani instansi khusus.

“Potensi komunikasi seperti tower maupun potensi bidang TIK lainnya sejak lama ditangani dinas berkompeten di retribusi, Kominfo lebih fokus pada hal-hal bersifat teknis, utamanya desiminasi informasi”, jelasnya.

Dia menyebut, tantangan perkembangan teknologi informasi komunikasi juga telah disikapi sejak awal.

Kominfo Kabupaten Gorontalo melaksanakan literasi media sosial dan literasi internet sehat di setiap sekolah dan lingkungan keluarga, yang bekerja sama dengan TP. PKK.

Tim stuban anggota legislative DPRD Kotamobagu yang diterima Kepala Dinas Kominfo, Kamis, masing-masing,  Ishak R. Sugeha, ST, ME, Meidy Makalalag, ST, Riana Sari Mokodongan, dan Herry F. Coloay, SE. (Jn)