Pesan Bupati Nelson saat berangkatkan JCH di Baiturrahman

Bupati Nelson Pomalingo mengadiroi doa pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2017 di Kabupaten Gorontalo.

LIMBOTO – Setelah menyerahkan uang saku dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo secara simbolis untuk seluruh jamaah calon haji (JCH), Bupati Nelson Pomalingo berpesan agar para JCH saling menjaga dan menjalin kebersamaan selama menjalankan rukun Islam ke-5 di tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Hal itu diingatkan karena tercatat ada sebanyak 25% JCH Kabupaten Gorontalo telah usia lanjut yang mau tak mau harus mampu mengimbangi kondisi iklim di Negara Arab Saudi.

“Kita lihat ada dua puluh lima persen jamaah yang usai lanjut, ada yang usia tujuh puluh bahkan satu orang delapan puluh tahun. Nah, olehnya perlu saling menjaga, kebersamaan itu penting, untuk keselamatan semua selama menjalankan rukun-rukun haji di tanah suci”, tutur Bupati Nelson pada acara pemberangkatan JCH Kabupaten Gorontalo, di Masjid Agung Baiturrahman Limboto, Minggu (20/8).juga

Bupati Pomalingo juga mengingatkan keseluruh JCH untuk fokus dalam menunaikan ibadah haji, meninggalkan urusan duniawi sehingga ikhlas menjalankan haji sesuai perintah Allah SWT.

Di sisi lain, meski masalah kesehatan peserta haji akan terus beroleh pemantauan khusus dari tim medis,  namun Bupati meminta masing-masing jamaah lebih memerhatikan kesehatan secara mandiri. Hal itu demi kesiapan fisik yang dituntut mampu menyesuaikan iklim wilayah Arab yang terkenal panas. 

Di akhir penyampaiannya, Bupati Nelson menitip harapan atas doa-doa setiap jamaah calon haji saat berada di tanah suci Mekah untuk kemaslahatan rakyat di Gorontalo, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo. (*)