Periode kedua Bupati Nelson gairahkan sektor pertanian. Pulihkan ekonomi di era pandemi

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, menyatakan akan memberi perhatian lebih kepada sektor pertanian. Hal itu dilakukan karena ia menilai pertanian sangat berkontribusi sebagai tonggak perekonomian daerah.

Luas lahan pertanian di Kabupaten Gorontalo serta tenaga kerja lokal di sektor ini, jelas Bupati Nelson, presentasinya masih sangat mendominasi. Ini menandakan bahwa Kabupaten Gorontalo memiliki potensi yang luar biasa, katanya.

“Ini yang akan saya gairahkan. Kita selalu mengatakan tenaga kerja kita, masyarakat kita lebih banyak di pertanian. Lahan kita banyak, ini potensi luar biasa”, ucapnya disela kunjungannya ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Telaga Biru, Jumat (3/9/2021).

Masa periode kedua pemerintahannya selaku Bupati, sektor pertanian akan diandalkan untuk memulihkan ekonomi yang lumpuh akibat pandemi Covid-19. Karenanya pertanian juga akan disokong dengan program-program pendanaan pemerintah.

“Karena itu, periode (pemerintahan) kedua saya sekarang, pertanian, perkebunan, perternakan, UMKM, betul-betul menjadi perhatian. Karena untuk memulihkan ekonomi kita akibat Covid, ini yang harus kita dorong”, ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan mendukung masyarakat petani untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR).

Dengan sokongan dana KUR, jelas Bupati Nelson, petani akan lebih berpeluang mengembangkan lahan dan meningkatkan produktifitas.

Disebutkan, pada tahun ini, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana KUR pertanian mencapai Rp. 70 triliun.

Untuk petani jagung, kisaran pinjaman bisa mencapai Rp. 12 juta, untuk 1 hektar lahan.

“Mulai tahun ini saya dorong petani, bagaimana mendapat dana KUR. Khusus pertanian,” ujarnya.

*/Kominfo/Ian/Jn

Bagikan artikel: