Peringatan Hari Patriotik 23 Januari, Kabupaten Gorontalo Akan Lebih Hikmad

Pemkab Gorontalo gelar rapat persiapan pelaksanaan upacara peringatan hari patriotik 23 Januari, Kamis (16/1), di ruang Madani.

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan lebih hikmad memperingati hari patriotik 23 Januari tahun ini. Berbagai agenda kegiatan telah disiapkan untuk memperingatinya.

“Dalam rangka peringatan hari ulang tahun Provinsi Gorontalo akan ada 3 kegiatan besar, antaranya upacara adat mopotilolo untuk menyambut tamu besar,” jelas Bupati Nelson Pomalingo dalam rapat persiapan hari patriotik 23 Januari di ruang Madani Kantor Bupati, Kamis (16/01/2020).

Tak hanya itu, untuk mengenang momentum heroik Pemkab Gorontalo akan mengitegrasikannya dengan peringatan dua puluh tahun deklarasi pembentukan Provinsi Gorontalo.

Akan dihadiri Menpora Zainudin Amali

Bagi rakyat Gorontalo, Hari patriotik 23 Januari merupakan momentum heroik yang terjadi pada tahun 1942. Para pahlawan Gorontalo dibawah komando Nani Wartabone kala itu berhasil mengusir penjajah dari bumi Hulonthalo (Gorontalo).

Lebih jauh dalam perjalanan pembangunan dan perkembangannya, rakyat di daerah ini pada tanggal 23 Januari 2000 telah mendeklarasikan pembentukan provinsi. Teks deklarasi dibacakan oleh Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd., di stadion 23 Januari Telaga Kabupaten Gorontalo. Momentum bersejarah itu pun kembali akan diperingati ditempat yang sama (GOR 23 Januari).

Sehingga untuk hikmadnya, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo yang juga deklarator pembentukan Provinsi Gorontalo telah melakukan koordinasi dengan Gubernur Gorontalo. Pasalnya momentum ini akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali. Selain itu, Pemkab Gorontalo juga akan melaksanakan kegiatan temu kangen sesama pejuang Provinsi Gorontalo dan melaksanakan upacara dan apel akbar.

“Nantinya pada tanggal 23 Januari nanti seluruh pemerintah baik provinsi, dan seluruh kabupaten/kota akan terfokus di Kabupaten Gorontalo. Sampai saat ini segala persiapan telah mencapai seratus persen. ucap Sang deklarator Provinsi Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo. #

Bagikan artikel: