Peringatan detik-detik Proklamasi Hikmad

LIMBOTO – Pelaksanaan upacara  HUT Proklamasi 17 Agustus tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo berlangsung di Sport Center Limboto, hikmad. Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, pembaca teks Proklamasi ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu.

Upacara hikmad ditandai bunyi sirene selama 60 detik. Terlihat dalam upacara itu Sekretaris Daerah Ir. Hadijah U Tayeb, Ketua Tim Pengegrak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, segenap unsur Forkopimnda, para pimpinan OPD, para Veteran serta tamu undangan.

Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo usai pelaksanaan upacara pagi di Sport Center Limboto memandang esensi kemerdekaan tidak sekadar dipetik sehingga lahir begitu saja tetapi merupakan hasil perjuangan para pahlawan terdahulu yang rela mempertaruhkan keringat, darah bahkan nyawa demi melepaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan.

”Kita melihat, bahwa kemerdekaan mereka perjuangkan karena ada tekad, ada semangat ada kebersamaan yang kita sebut nasionalisme dan ada cita-cita,” ungkap Bupati Nelson Pomalingo, setelah upacara detik-detik proklamasi ke-74, Sabtu.

Dia menegaskan tiga hal penting perlu menjadi pegangan untuk melanjutkan perjuangan yang dirintis para pahlawan, yakni tekad dan semangat membangun daerah, kebersamaan dan persatuan, serta melanjutkan cita-cita mengisi kemerdekaan.

”Pertama kita semua bertekad dan punya semangat membangun daerah bangsa. Kedua harus ada kebersamaan, karena sudah ditunjukkan oleh para para pahlawan, mereka bersatu tanpa melihat berasal dari mana. Apakah Ambon, Sulawesi, Papua, Sumatera dan Jawa, tapi meraka berjuang demi lahirnya Indonesia. Yang terakhir mereka punya cita-cita yaitu Kemerdekaan. Namun kesemua-nya di implementasikan juga dalam membangun di daerah ini, Kabupaten Gemilang Menuju Masyarakat Madani,” jelas deklarator pembentukan Provinsi Gorontalo itu.

Pengibaran duplikat bendera pusaka pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi ke-74 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo berlangsung hikmad diselenggarakan di Sport Center Limboto, Sabtu (17/8).

Sementara itu, pengibaran duplikat bendera pusaka di daerah ini sukses dilaksanakan oleh Pasukan Kibar Bendera Pusaka yang memang telah mengikuti penggodokan lebih dari sebulan lamanya. Keseragaman gerakan baris-berbaris yang ditunjukkan seluruh membuat kagum setiap orang yang menyaksikan berlangsungya upacara.

Berikut daftar petugas Kibar Bendera Pusaka dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo yang berlangsung pagi di Spor Center Limboto;

Komandan Paskibraka:
Iwan Mathen Frans Kapojos, SIK, pangkat IPDA lulusan akademi kepolisian tahun lulus 2016. Satuan tugas Kapolsek Limboto Barat Polres Gorontalo.

Komandan Upacara:
Kapten Inf. Basrang (Danramil 05 Telaga Dim 1314/Gorut) dan Perwira Upacara AKP. Daryono Abunasir (Kabag Sumda Polres Kabupaten Gorontalo).

Pasukan Upacara:
Personil Korem 133/NWB, Kodim 1314/Gorut, Yonif 713/ST, Satbinmas, Brimob , Sabhara Dishub,Satpol PP, Linmas, ASN Kabupaten Gorontalo dan para pelajar Tingkat Kabupaten Gorontalo.

Komandan Kelompok tujuh belas (17):
Moh Fauzan Paputungan (asal sekolah SMA Negeri 1 Limboto).

Komandan Kolompok delapan (8):
Oktavianus Putra Anugerah Rutung, (asal sekolah SMA Negeri 1 Limboto)

Pembentang Bendera:
Virgiawan Listanto Mat Viqi (asal sekolah SMA Negeri 1 Telaga)

Pengerak Bendera:
Andika Riski Eka Putra (asal Sekolah SMA Negeri 1 Limboto)

Pembawa Baki:
Ramla Talalu (asal sekolah SMA Negeri 1 Telaga)

 


Tonton video hasil rekaman kamera terbang Paskibraka Tahun 2019 Kabupaten Gorontalo

Bagikan: