Penjabat kades, pembangunan desa jangan stagnan

LIMBOTO – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Ir. Hadijah U. Tayeb, MM, berharap akselerasi pembangunan desa akan tetap berjalan meski dalam masa transisi dibawah kendali penjabat kepala desa, bahkan dalam kondisi itu pemerintah desa diminta harus mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Harapan itu terungkap dalam penyampaian Hadijah ketika mewakili Bupati Gorontalo saat melantik penjabat kepala desa Lopo kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Romin Yusuf Ahmad, S.PdI, dalam acara yang berlangsung di halaman SDN 4 Batudaa Pantai, Kamis (13/06/2019).

Hadijah menegaskan penjabat kepala desa harus mengotimalkan anggaran desa agar pembangunan desa tidak stagnan. “Karena proses pemerintahan dan pembangunan akan stagnan terutama jika anggaran dana desa tidak akan dikelola dengan baik,” kata Hadijah.

Menurutnya, penjabat kepala desa mengemban tugas berat utamanya dalam mensukseskan pemilihan hingga pelantikan pejabat kepala desa definitive. Karenanya ia wajib membangun sinergitas dengan semua unsur yang ada di desa.

“Penjabat yang baru dilantik untuk segera berkoordinasi dengan aparat dan masyarakat dan mempelajari aturan terkait persiapan pemilihan kepala desa hingga pada pelantikan kades definitif”, ujar Hadijah. (/ri)

Bagikan: