Pengurus Koalisi Kependudukan Dilantik

Ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Gorontalo, Prof. Dr. ir. Nelson Pomalingo, M.Pd melantik kepengurusan Koalisi Kabupaten Gorontalo, di Green Q Hotel, Sabtu (24/2).

“Kegiatan ini untuk membangun komitmen dan mendukung pelaksanaan program kependudukan, juga tersosialisasikannya kebijakan dan strategi program kependudukan. Ini pun bagian dari rapat Pra Rakornas yang akan diselenggarakan di Banjarmasin pada bulan Maret mendatang”, jelas Nelson.

Ia menegaskan masalah kependudukan tidak akan pernah lepas dari persoalan sosial dan tingginya angka penduduk. Bahkan permasalahan pendidikan, kemiskinan, pengangguran, pencurian, dan Narkoba, kata dia, atak akan lepas dari penataan kependudukan.

Koalisi kependudukan di Kabupaten Gorontalo terdiri dari unsur Pemerintah dan Perguruan Tinggi. Karenanya kolaborasi itu diharap memberi jalan keluar kemelut kependudukan yang ada, utamanya menyangkut penyebaran penduduk yang berpangaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pengurus baru harus terus melakukan konsolidasi organisasi dengan instansi-instansi terkait. Penginputan data kependudukan Kabupaten Gorontalo juga harus lengkap, seperti mengumpulkan data dari berbagai sumber yang jelas. Contohnya, di BKKBN, BPS dan Bapecapil,” tegas Nelson.

Kegiatan tersebut diintegrasikan dengan sosialisasi Program Pengendalian Penduduk serta Rapat Koordinasi Pengurus Koalisi Kependudukan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota. (*)

Bagi artikel