Pencak silat Gorontalo punya potensi harumkan nama daerah di kancah Nasional dan Internasional

TELAGA BIRU – Para pesilat Gorontalo harus membangun ekpektasi untuk prestasi gemilang pada setiap evet untuk membuat harum nama daerah Gorontalo ke tingkat nasional maupun tingkat internasional. Begitu kata Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, pada acara pembukaan kejuaraan Pencak Silat, di aula Kampus Universitas Muhammadiah Gorontalo (UMGo), Senin (9/9).

Bupati yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Gorontalo itu menyatakan saat ini IPSI tengah membina dan mengembangkan kemampuan para pesilat  Gorontalo. Ia pun memberi apresiasi diadakannya kejuaraan tersebut.

Nelson mengatakan, pencak silat sebagai keterampilan bela diri juga menjadi budaya yang perlu dikembangkan dalam rangka membangun mental manusia, utamanya mempersiapkan bibit pesilat yang mampu mengharumkan nama Gorontalo ke kancah yang lebih bergengsi.

”Kami bangga dengan UMG yang telah melaksanakan event pencak silat, ini sebagai bela diri juga sebagai budaya bagi kita, maka perlu untuk kita kembangkan dalam pembangunan manusia, demi mempersiapkan bibit-bibit pesilat yang mampu mengharumkan nama Gorontalo,” ungkapnya.

Prof. Nelson Pomalingo yang juga mantan Rektor Universitas Muhamadiah Gorontalo, juga menjelaskan pentingnya prestasi peserta pencak silat karena bisa berkolaborasi mengembangkan budaya dan keberlangsungan pembangunan. Ia pun bertekad pencak silat di bumi Hulonthalo harus bisa merakyat, apalagi untu menyambut penyelenggaraan event nasional yang semakin dekat.

Kejuaraan Pencak Silat yang diselenggarakan UMGo dalam rangka milad ‘kampus pencerahan’ itu dibuka Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, pertandingannya diikuti kalangan pelajar dan umum, memperebutkan tropy Rektor UM Go Cup 2019.

Pada kesempatan sama Rektor UMGo Dr. dr. Muh. Isman Yusuf, menyatakan pemenang atau juara pada kejuaraan silat ini akan mendapat kemudahan diterima sebagai mahasiswa di Universitas Muhamadiah tanpa tes, juga akan mendapat beasiswa.

” Bagi juara nanti akan di terima sebagai mahasiswa juga akan diberikan beasiswa satu semester, semoga kegiatan ini peroleh amal ibadah untuk kita semua,” tandas Isman.

Bagikan: