Pemkot Tual Lakukan Stuban, Tiru Penyelangaraan Sidang MP- TGR Kabupaten Gorontalo

KABGOR – Pemerintah Kota Tual Provinsj Maluku melakukan studi banding di Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka penyelangaraan sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR) di Kabupaten Gorontalo menjadi perhatian sejumlah daerah di Indonesia.

Rombongan Pemrintah Kota Tual yang di pimpin Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Sekda, Asisten serta Pimpinan OPD Kota Tual di terima langsung
Wakil Bupatu Gorontalo Hendra Hemeto bersama asisten III, Yusran Lapananda, Pimpinan OPD Terkait di Lantai II Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo Senin, (26/04/2021).

Dalam sambutanya, Hendra S Hemeto menjelaskan MPTGR Kabupaten Gorontalo telah banyak ditiru daerah-daerah di Indonesia termasuk lembaga kementerian keuangan. karena sidang MP- TGR di Kabupaten Gorontalo sebagai inovasi dan konsep penyelesaian kerugian keuangan negara. dinilai baik dan bagus dalam penyeleaian sebuah permasalahan kerugian negara yang ada di daerah, tanpa menimbulkan persoalan baru.

” Tentu kunjungan kerja dari Pemkot Tual adalah mengadopsi MP-TGR di Kabupaten Gorontalo untuk di implementasikan di daerah mereka kami pun sudah dijelaskan secara terperinci bagaimana cara kerja dari MP-TGR,” jelas Hendra.

Lanjut Hendra, Kunjungan ini satu kebanggan Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menjadi referensi bagi kota tual untuk penerapan sidang MP- TGR.

” Olehnya kedepan menjadi acuan beberapa daerah dalam hal mencari yang terbaik dalam hal penyelesaian sengketa,” Bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge menyampaikan alasannya memilih Kabupaten Gorontalo sebagai daerah tujuan studi banding sebab ada beberapa hal yang menjadi referensi untuk di implentasikan di kota Tual terkait penyelesaian masalah ganti rugi yang utama Terkait persoalan itu kami memiliki kendala sekali karena,disana itu adatnya sangat kuat.

Ketika ada regulasi maka sesuatu yang kita capai itu akan lewat regulasi. Jadi bukan lagi lewat hati nurani. karena kendala kami satu disitu,” ujar Usman.

” Selain itu kami datang ada regulasi yang memang bisa menjadi contoh bagi kami karna Kabupaten Gorontalo adalah kabupaten terbaik dalam hal penerapan regulasi penyelesaian MP -TGR. untuk di adopsi sekaligus kami datang untuk silaturahim,” pungkasnya. (*)

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange