LIMBOTO – Beroleh kucuran anggaran sebesar Rp. 30 milyar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tahun ini, Pemkab Gorontalo bakal segera merealisasikan rencana pekerjaan 2 unit rusunawa (rumah susun sederhana sewa).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharudin, menjelaskan, pihaknya menargetkan proyek rusunawa itu bisa optimal pemanfatannya pada tahun 2018 mendatang. Sehingga demikian peruntukkannya secepatnya bisa dinikmati masyarakat.

“Pembangunan rusunawa ini mencapai 15 milyar rupiah perunitnya, sudah termasuk pengadaan kelengkapan atau fasilitas didalamnya. Sehingganya untuk 2 unit totalnya sebesar 30 milyar”, jelas Syamsul.

Dia menjelaskan Pemda Kabupaten Gorontalo telah menetapkan dua lokasi pembangunan, masing-masing di desa Pentadio Timur Kecamatan Telaga Biru dan di desa Hulawa Kecamatan Telaga.

Menilik besaran pengalokasian anggaran rusunawa tersebut, tentu saja Pemerintah Kabupaten Gorpntalo akan berupaya maksimal dalam penyediaan perumahan itu agar benar-benar menyentuh warga yang membutuhkan. Karenanya Syamsul menuturkan setiap unit akan dibangun dengan model empat lantai dilengkapi fasilitas.

Intens beroleh perhatian Kementerian PUPR

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menilai pembangunan rusunawa di wilayah Kabupaten Gorontalo merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR untuk masyarakat Kabupaten Gorontalo. Hal itu terungkap disela-sela kunjungan Kasubid Perencanaan Teknis Direktorat Rumah Susun Kementerian PUPR, yang diterimanya Kamis (5/7) di ruang kerja.

Karenanya orang nomor satu di daerah ini mengungkapkan pihaknya merasa patut menyampaikan terima kasih atas perhatian Kementerian PUPR yang intens memberi perhatian dalam peningkatan pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

Sebagaimana rencana Pemerintah Daerah ini, pembangunan rusunawa di desa Pentadio Timur pemanfaatannya bisa diperuntukkan bagi mahasiswa, alasannya lokasi pembanguan rumah susun sewa itu berada di komplek kampus. Sedangkan rusunawa di desa Hulawa akan diperuntukkan bagi pekerja-pekerja disana, dapat pula dimanfaatkan oleh para atlit karena lokasinya berada di dekat sarana olahraga. (*)