LIMBOTO – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Kesbangpol dan Limnas akan menuntaskan sosialisasi pelaksanaan pemilihan umum serentak. Hal itu untuk menyikapi penyelenggaraan Pilpres dan Pileg serentak pada tahun 2019. Asisten II Sekkab Gorontalo, Drs. Astri Tuna, menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi tersebut menjadi ruang pendidikan politik bagi para wajib pilih, terutama kepada para pemilih pemula.

“Karena ini pun menyangkut pemilih pemilih pemula juga maka kita memberikan penguatan agar mereka mengikuti pesta demokrasi dengan baik, tidak terpengaruh money_politic tetapi lebih kepada program dan figur sehingga benar-benar berpartisipasi memberi sumbangsih dalam menentukan masa depan bangsa dan daerah,” kata Astri, usai pembinaan politik yang dilaksanakan di Dapil Telaga, Rabu (10/5).

Dia menambahkan, hingga saat ini banyak masyarakat Kabupaten Gorontalo belum mengetahui pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak pada tahun 2019. Maka selain menjadi wahana penyebarluasan informasi tentang Pemilihan Umum (Pilpres dan Pileg), sosialisasi itu memiliki sasaran membentuk pemahaman yang benar terhadap tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi 2019 mendatang.

Di kesempatan sama, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Gorontalo, Husni Deka, mengatakan, untuk menggairahkan partisipasi masyarakat maka sosialisi tersebut kemas dalam bentuk pendidikan politik. “Sekarang ini kita laksanakan sosialisasi yang kedua kalinya di Telaga Group setelah dilaksanakan di wilayah Limboto dan sekitarnya beberapa waktu lalu. Kita pusatkan di desa Modelidu agar menyentuh warga wajib pilih yang jauh dari pusat perkotaan,” tuturnya.

Setelah pelaksanaan sosialisasi di dapil Telaga dengan demikian Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Gorontalo masih menyisakan tiga dapil untuk penyelenggarraannya, masing-masing, dapil Batudaa, Boliyohuto dan Tibawa. Karenanya Husni menegaskan bakal menyelasaikan program sosialisasi itu secara bertahap dan berkualitas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *