Pemkab Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi BSPS ///

KABGOR – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi program BSPS tahun 2020 dan rencana kegiatan tahun 2021, di ruang Madani Kantor Bupati, Jumat (08/01/2021).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat memimpin rapat terserbut menyampaikan, berdasarkan hasil evaluasi program BSPS, kurang lebih tahun ini pemerintah kembali mendapatkan jatah 3.500 unit rumah layak huni.

“Jadi tadi kita evaluasi BSPS alhamdulillah kita mendapatkan kurang lebih 3.500 baik dari dana program BSPS, DAK dan juga dari dana Kabupaten,” kata Nelson.

Ia mengatakan, usai berhasil membangun 10.000 lebih unit rumah layak huni, dirinya berencana melanjutkan target 10.000 unit rumah layak huni lagi di lima tahun kedepan. Sehingga target 20.000 unit rumah bisa terwujud.

“Kia bisa lihat hari ini ada evaluasi 5 tahun yang lalu kita bisa membangun Rp10.000 lebih 64 unit, jadi kita butuh semuanya tinggal 9.000 unit lagi, maka itu juga kita bangun 5 tahun kedepan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, meskipun di dalam proyeksi selain 9000 unit yang ditargetkan, akan tetapi dirinya selaku pemerintah daerah berupaya untuk menyesuaikan dengan jumlah penduduk yang tentunya terus meningkat.

“Maka kurang lebih ada 16.000 rumah yang harus kita bangun, nah insha Allah dengan cara begini kita akan selesaikan,” imbuhnya.

Yang kedua, lanjut Nelson, target 3500 rumah akan segera dilaksanakan mulai Februari 2021 ini. Dan ini semua tentunya butuh data, perencanaan yang baik, dan butuh pendampingan.

Dirinya berharap, target pembangunan 3500 unit rumah baik dari anggaran BSPS, Dana DAK dan dana Kabupaten ini bisa berjalan dengan baik.

“Syaratnya memang harus warga yang memiliki tanah. Akan tetapi kedepan kita berencana bagaimana dengan warga yang tidak memiliki tanah dan rumah bisa merasakan pula program ini. Itu nanti diusahakan melalui HGU,” tukasnya.
(Bidang IKP Dinas Kominfo).

Bagikan artikel: