Lompat ke konten

Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Pemkab Gorontalo Gelar Penyusunan Analisis Jabatan dan Beban Kerja Bidang Kesehatan

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo merampungkan penyusunan dokumen Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) di bidang Kesehatan. Hal tersebut merupakan upaya peningkatan standar dan kinerja pelayanan publik di sektor kesehatan.

Agenda tersebut diselenggarakan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gorontalo, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Roni Sampir, di D’qta Aja Cafe dan Resto Kota Gorontalo, Rabu (18/05/2022).

Roni menjelaskan, pelayanan publik yang maksimal butuh kajian yang tepat agar pemetaan Anjab dan ABK bisa menghasilkan formasi sesuai harapan. Karena itu dirinya berharap kegiatan tersebut dapat merumuskan pemenuha kebutuhan tenaga kesehatan secara efisien.

Sekda Roni Sampir Membuka Whorkshop penyusunan dokumen Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) di bidang Kesehatan. Foto: (Kominfo)

“Dibidang kesehatan kita pada beberapa profesi tertentu masih terdapat kekurangan, misalnya personil analisis kesehatan, dokter gigi, dokter umum maupun farmasi. Maka perlu dibuat perencanaan dengan baik sehingga kedepan dapat kita penuhi melalui perekrutan CPNS atau pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” kata Roni.

Penyusunan Anjab dan ABK juga diharapkan bisa melahirkan konsep pemerataan SDM Kesehatan, sehingga pemenuhannya benar-benar meningkatkan pelayanan publik.

“Profesi-profesi tersebut dapat di distribusikan ke Puskesmas yang membutukan, sehingga pelayanan puskesmas di wilayah-wilayah berjalan dengan baik,” pungkas Roni.

Laporan: Riri Lihawa, Editor: Zulkifli Mile

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange