Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Pemkab Gorontalo Gelar Musrenbang RPJMD 2021-2026

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Tahun 2021 – 2026 secara virtual, Kamis (15/07/21).

“Dalam waktu lima tahun ke depan, Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara terintegrasi.

“Yakni mewujudkan Kabupaten Gorontalo Gemilang dan Mandiri Menuju Masyarakat Madani”, ungkap Bupati Nelson saat membuka kegiatan itu, di ruang Dilito, Aula kantor Bappeda Kabupaten Gorontalo.

Penyelenggaraan Musrenbang tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Camat bersama seluruh Kepala Desa dan Lurah.

Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026, tegas Bupati Nelson, merupakan agenda strategis untuk memantapkan tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Karenanya melalui agenda tersebut perencanaan pembagunan daerah diharapkan akan terlaksana sesuai standar dengan memperhatikan potensi SDM, anggaran, fasilitas infakstruktur, dan lingkungan.

“Dalam rangka membagun lima tahun kedepan Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah merumuskan tiga program perioritas yaitu, SDM, ekonomi Infrastruktur serta transformasi birokrasi ASN,” jelas Bupati Nelson.

Ia menyebut, ada program prioritas yang nanti akan menjadi fokus, meliputi, pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infastruktur.

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson juga menyatakan bahwa segala kebijakan yang akan ditetapkan melalui RPJMD akan disinkronkan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Pembagunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Karenanya selain melakukan pengajuan ke DPRD, Nelson akan menggelar diskusi fokus di setiap kecamatan untuk sosialisasi sekaligus mengulas RPJMD dan RPJMDes. (rif/jn)

Bagikan artikel:
error:
Secured By miniOrange