Pemkab Gorontalo Gelar Adat Tonggeyamo, Sambut Idul Fitri

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar Tonggeyamo, proses adat yang memang sedianya di gelar di penghujung bulan Ramadhan

Tampak Hadir, Wakil Bupati Gorontalo, Forkopimda Kabupaten Gorontalo, Sekretaris Daerah, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Camat Limboto dan undangan lainnya

Adat Tengeyamo untuk menentukan 1 Syawal Idul Fitri di lingkungan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo. pelaksanaan 1 Syawal Idul Fitri jatuh pada hari Kamis.

Tonggeyamo sendiri bukan merupakan sebuah keharusan yang menentukan 1 Syawal. Sehingga meski digelar lebih dulu pun itu tidak masalah.

” Karena proses didalamnya untuk melihat ruqyat posisi bulan, yang memutuskan 1 Syawal tetap jatuh dihari Kamis”, ujar Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo usai pelaksanaan tengeyamo di Rumah Jabatan Bupati Gorontalo Selasa, (11/05/2021).

Proses Tonggeyamo sendiri adalah proses adat dan budaya di Gorontalo jauh sejalan dengan sidang sidang Isbat yang sedianya digelar jaman dahulu oleh para imam.


 

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange