Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Pemkab Gorontalo dan PT Bank Sulutgo Rapat Bersama Bahas Kur Peternakan

LIMBOTO – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo dengan PT. Bank SulutGo Manado melakukan rapat bersama membahasa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perternakan di Kabupaten Gorontalo.

Rapat yang berlangsung di ruang Madani di pimpin langsung Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo Selasa (13/7/2021). Tampak hadir. Pimpinan OPD terkait, Kepala Bank SulutGo Cabang Limboto, Unsur PT Bank SulutGo Manado, Penyuluh Peternakan, Pedangan Ternak Sapi dan Undangan Lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nelson Pomalingo mengtatakan, Hal paling menggembirakan saat ini untuk masyarakat yakni di Kabupaten Gorontalo akan lahir Kur Peternakan yang selama ini tidak ada.

“Yang ada hanya KUR untuk petani sawah, KUR Jagung dan KUR UMKM. Hari ini, kita luncurkan pertama kali di Gorontalo KUR ternak sapi, KUR penggemukan sapi yang akan dibiayai oleh bank Sulutgo,” tutur Nelson.

Seperti tergambar pada rapat, enam bulan waktunya. Karena sebab penggemukan itu lima hingga enam bulan. Kemudian, pembayarannya setelah hasil panen dan setiap orang bisa mendapatkan KUR mikro, Bukan KUR super Mikro yaitu, maksimal 3 ekor.

” Rata-rata dua ekor saja, Kita akan mencari peternak kurang lebih 8.000. Kenapa 8. 000, karena kita ingin mensuplai setiap bulan 3000 ekor. Kalau 3. 000 ekor, berarti setiap peternak bisa mensuplai perbulan bahkan perhari,” Ujar Nelson.

Selain itu Kata Nelson kita suplai ke Kalimantan, sekarang ini, ini setiap bulan rata-rata 1.000 ekor. Itu pun belum maksimal.

Kemudian, suplai ke Jakarta, karena satu bulan lalu saya ketemu dengan Gubernur Anies Baswedan melakukn Kerjasama hal tersebut.

“Disana itu rata-rata 700 ekor sapi yang dipotong. Kita mengambil saja 10 persen berarti 70 ekor dan jika satu bulan kita ada 2.100 ekor, itu akan disuplai dalam bentuk potong.bukan dalam bentuk di potong disini, bukan dalam bentuk hidup Kita potong disini lalu di kirim”, Sambung dia.

Karena itu rumah potong hewan terus kita dorong bahkan penyuluh peternakn, mantri -mantri ternak kita berikan insentif yang baik dalam mendampingi para peternak.

“Sasaran peternak di seluruh Kabupaten Gorontalo, pertama yang sudah punya kendang dan kedua, belum terutama bagi anak muda yang hari ini memiliki semangat beternak,” tutup Nelson. (rif)

Bagikan artikel:
error:
Secured By miniOrange