Pemkab Gorontalo Beri Penghargaan Gender Equality Award Tingkat OPD, Kecamatan, Desa Dan Kelurahan

Penyeraha penghargaan Gender Equality Award Tingkat OPD, Kecamatan, Desa Dan Kelurahan Oleh Bupati Nelson Pomalingo

LIMBOTO – Momentum milad ke 349, Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan penghargaan Gender Equality Award Tingkat OPD, Kecamatan, Desa Dan Kelurahan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo bertepatan dengan HUT Kabupaten Gorontalo ke 349 di Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo, Selasa (29/11/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto, Sekertaris Daerah Roni Sampir, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway dan Sitti Fatrah Sunge, Pimpinan OPD, Camat, kades/Lurah se Kabupaten Gorontalo, Pimpinan Dewan dan wakil Ketua dewan serta Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Forkopimda serta undangan lainnya.

Seperti diketahui, Indikator Penilaian GEA (Gender Equality Award) Tingkat OPD antara lain, anggaran responsif gender adalah anggaran yang respon terhadap kebutuhan perempuan, laki-laki, anak, lansia dan disabiliktas yang tujuannya untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender
tersedianya data terpilah gender, jumlah laki-laki, jumlah perempuan, jumlah keseluruhaN,kebijakan (perda, perbup, sk, mou dll), jumlah anggaran responsif gender (arg).%,sumber anggaran: apbd apbd prov apbn. Selanjunya, Indikator Penilaian GEA (Gender Equality Award) Tingkat Desa, kebijakan (perdes, sk, dll), jumlah anggaran responsif gender (arg), data terpilah gender, .dokumentasi foto videoAnggaran Desa Yang Responsif Gender, anggaran yang terkait dengan Pencapaian SDGS Desa, Pemberdayaan ekonomi masyarakat, Pengentas an Kemiskina n bagi Perempua n Kepala Keluarga, Pemberda yaan LANSIA, Pemberda yaan Penyandang Disabilitas.

Penghargaan Gender Equality Award Tingkat OPD, Kecamatan, Desa Dan Kelurahan

Bupati Nelson mengatakan, Anugerah kesetaraan gender/Gender Equality Award (GEA) merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah daerah sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender di kabupaten Gorontalo.

Nelson mengatakan, Kabupaten Gorontalo merupakan satu-satunya kabupaten di luar Jawa yang berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Presiden RI tahun 2020.

“Prestasi Kabupaten Gorontalo adalah kontribusi dan dukungan semua pihak baik itu pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan” tandasnya.

Liputan: Irfan Mohamad

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE