Pemekaran Kota Telaga Diwacanakan

TELAGA – Sejumlah tokoh di wilayah Telaga bergabung dalam kelompok Ambua Lo Telaga mulai mewacanakan pengembangan Telaga sebagai suatu kota. Hal tersebut terlihat dengan diadakannya pertemuan yang dikemas dalam silaturrahim kesiapan pemekaran ‘Kota Telaga’, Jumat (9/8) malam di kecamatan Telaga.

Ketua komite pembentukan Kota Telaga, Weni Liputo, mengatakan, pertemuan itu adalah dalam rangka silaturahmi dan pembahasan persiapan pemekaran. “Ini adalah pertemuan pemantapan pemekaran kota Telaga. Kami juga bangga bahwa malam hari ini Bapak Bupati bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Telaga “, ucap Weni Liputo berharap pemekaran kota Telaga akan mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Daerah.

“Perlu adalah dukungan dari Pemerintah Daerah. Mengingat saat ini Bupati Kabupaten Gorontalo adalah sang deklarator pembentukan provinsi, tentunya juga banyak hal yang harus kami konsultasikan untuk mewujudkan pemekaran kota Telaga “, tambah dia.

Mengapersiasi harapan tersebut, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo, menyampaikan wacana pemekaran kota Telaga merupakan hal sangat luar biasa. Karenanya ia meminta agar setiap pertemuan dan pembahasannya harus didokumentasi sehingga menjadi satu spirit kedepan.

” Ini menunjukkan kekuatan yang besar, pemekaran ini sudah memunculkan kreatifitas dan inovasi masyarakat “, ujar Bupati Nelson mengingatkan bahwa sasaran utama pemekaran kota Telaga harus fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan dan pelayanan bagi masyarakat.

Dijelaskan, Telaga merupakan wilayah yang selalu diutamakan Pemerintah dalam hal urusan bidang perdagangan dan pemukiman, terutama penataan wilayah pinggiran. Pda kesempatan itu Bupati juga menyebut akan mewujudkan dan mengembangkan Kecamatan Telaga Puncak sebagai wilayah konservasi.

” Telaga puncak sudah harus di kembangkan karena memiliki karakteristik tersendiri, di rencanakan akan dijadikan sebagai wilayah konservasi “, ujarnya.

Bupati meminta rencana pemekaran kota  Telaga sedianya dilengkapi dengan administrasi, seperti pembuatan SK pemekaran, pembentukan tim pendamping dari OPD asli Telaga Cs. Pada kesempatan itu Bupati langsung menunjuka bebreapa Kepala OPD, seperti Hen Restu yang kini menjabat Asisten III Setda, serta Kepala Dinas Infokom Haris Suparto Tome.

“Mereka ini yang sudah memahami bagaimana Telaga dan asli Telaga “, imbuhnya.

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange