NPHD Pilkada 2020 Kabupaten Gorontalo ditandatangani

LIMBOTO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo tahun 2020.
Penandatanganan dilakukan Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin Akili bersama Bupati Gorontalo, Selasa (24/6/2020), di Limboto.

Dalam NPHD Pilkada 2020 yang disepakati itu tercantum dalam berita acara pencermatan dan restrukturisasi anggaran hibah, termasuk addendum NPHD Pilkada lanjutan Tahun 2020.

Bupati Nelson usai penandatanganan itu, mengatakan, Pilkada adalah pesta demokrasi yang akan melahirkan pemimpin dalam membangun daerah dalam 5 tahun kedepan. Sehingganya ia menjelaskan, Panitia Pelaksana pemilu, baik itu KPU, Bawaslu ditunjang dengan anggaran memadai agar proses Pilkada sukses dengan lancar.

Dipihak lain, masa pandemi covid -19 diakui telah merubah tatanan yang berimbas pada penambahan anggaran Pilkada. Karenanya Pemkab Gorontalo serta-merta mereasonilalisasi anggaran untuk penyesuaian kebutuhan pilkada tersebut.


Pada kesempatan itu Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudin M. Akili, SE, mengungkapkan harapannya agar Pemerintah Daerah sampai Pemerintahan Desa untuk berpartisipasi dan membangun optimisme masyarakat bahwa kualitas Pilkada dalam kondisi tidak normal (di tengah pandemi) ini akan berjalan lancar.

“Menjadi tanggung jawab kita untuk mensosialisasikan secara masif pelaksanaan tahapan pilkada tahun 2020 ditengah pandemi covod-19,” ucapnya.

Ia menerangkan penandatanganan addendum NPHD untuk Pilkada Kabupaten Gorontalo 2020 sudah melalui pembahasan dengan TAPD, khususnya terhadap penyesuaian-penyesuaian anggaran dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara, addendum anggaran Pilkada untuk KPU juga telah ditandatangani Bupati Gorontalo dan Ketua KPU Kabupaten Gorontalo.

#

Bagikan artikel: