Nelson Pomalingo: FPDL Sebagai Kebanggaan Gorontalo Sebagai Langkah Promosi Wisata

Pembukaan FPDL Tahun 2022 di Pesisir Danau Limboto Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO – Festival Pesona Danau Limboto resmi dibuka oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Sabtu (19/11/2022).

Pembukaan event tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ibu Hana Hasanah, Direktur Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf) Raden Wisnu Sindhutrisno, Penjagub Gorontalo yang diwakili Asisten II, Wakil Bupati (Wabup) Kabgor Hendra Hemeto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Roni Sampir, perwakilan Bupati dan walikota se Provinsi Gorontalo, forkopimda Kabupaten Gorontalo,pimpinan OPD, camat Dan kades Se Kabupaten Gorontalo, beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Nelson Pomalingo mengungkapkan rasa syukurnya terhadap pelaksanaan FPDL yang baru dapat digelar pasca dilanda Covid – 19.

“Mulai malam hari ini kita akan membuka seluruh rangkaian kegiatan FPDL yang sebagai kebanggaan Gorontalo,” ujar Bupati Kabgor.

Lebih lanjut, Nelson menjelaskan, bahwa danau Limboto merupakan kebanggaan kita sama seperti danau toba dan lainnya.

“Jadi, danau Limboto akan kita lestarikan untuk dijadikan sebagai Geo Park. Sehingga tidak hanya menjadi perhatian nasional saja, tetapi internasional juga,” jelasnya.

Terakhir, dirinya menambahkan, event tersebut direncanakan akan dilaksanakan kembali pada tahun depan dengan menghadirkan para Duta Besar (Dubes) dari berbagai Negara.

“Tahun, Beragam kegiatan akan dilaksanakan, seperti lomba perahu dayung tradional, kuliner khas ikan danau limboto, lomba layang-layang atau alanggaya bulia, parade Karnaval budaya, workshop anak peduli danau limboto dan Geo Park Meeting dan Fun Run,” tandas Nelson.

Bupati Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan pada pembukaan FPDL Tahun 2022 Sabtu, (19/11/2022)

Sementara itu, Direktur Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf) Raden Wisnu Sindhutrisno menyampaikan apresiasi atas terlaksananya FPDL tahun 2022 atas kolaborasi pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf).
“ini sebagai langkah paling tepat memajukan sector pariwisata dan ekonomi kreatif fi Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo,” ujar wisnu.

Kata Wisnu,hasil Penetapan 100 (seratus) Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dimana salah satu event yang ditetapkan adalah Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) Tahun 2022.

“Dengan mengusung tema Pesona danau Limboto surge Pariwisasta Indonesia,”terangnya.

Liputan: Irfan Mohamad

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE