Nelson minta warga jaga Danau Limboto

TELAGA BIRU – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta semua pihak untuk menjaga keselamatan Danau Limboto yang tengah kritis. Ia menegaskan jangan lagi ada praktik-praktik liar yang mengancam danau hanya untuk keuntungan perorangan.

Lomba Dayung Perahu diselenggarakan di pesisir Danau Limboto

Penegasan itu disampaikan Bupati Nelson Pomalingo saat membuka kegiatan lomba dayung perahu yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo serangkaian event Festifal Pesona Danau Limboto Tahun 2019, Senin (23/9), di pesisir Danau Limboto, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru.

Ia pun menghimbau pihak Dinas kelautan dan Perikanan kiranya dapat menertibkan pengelolaan keramba-keramba liar yang ditengarai telah memicu pendangkalan akibat menumpuknya sedimen disekitar keramba.

Pada kesempatan itu Bupati mengungkapkan, beberapa waktu sebelumnya Pemda Kabupaten Gorontalo melakukan seminar khusus untuk para anak tingkat sekolah dasar khusus membahas keselamatan danau.

Salah satu peserta lomba dayung

“Kita bekali mereka sebagai generasi yang memahami, sehingga tidak merusak tetapi bisa menyelamatkan danau hingga masa akan datang”, ungkapnya.

Karenanya berbagai tindakan untuk menyelamatkan Danau Limboto yang kini terancam punah itu diharapkan akan beroleh dukungan semua pihak.

Sehubungan dengan penyelenggaraan event di Danau Limboto, Bupati Nelson meminta kepada penyelenggara untuk menjadikan event-event serupa dapat memberi manfaat timbal balik, yakni manfaat bagi komponen kegiatan dan juga untuk keselamatan danau.

 

(Johni Mile/Kominfo)

Bagikan: