Nelson Jadi Narasumber Webiner Otonomi Daerah 2021

KABGOR- Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo terpilih sebagai salah satu narasumber pada Webiner Peringatan hari ulang tahun otonomi daerah Tahun 2021 Tingkat nasional.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Gorontalo Rabu, (02/06/2021).

Dengan Topik yang di angkat yaitu, ” Desentralisasi Politik Plikada Langsung dan Demokrasi Lokal (Evaluasi dan Rekomendasi)”.

Ditemui usai Webiner, Nelson mengungkapkan ada beberapa poin yang dilontarkan dalam forum yang diikuti ratusan kepala daerah serta akademisi Se Indonesia itu. Pertama soal perlunya ada pembenahan sistem rekrutmen Politik.

“ Karena disanalah melahirkan pemimpin-pemimpin. Kita tahu partai Politik adalah kendaraan, kalau tidak ada partai kita tidak jadi (Pimpinan daerah). Maka partai politik ini harus dibenahi,” ujarnya.

Kedua lanjut Nelson yang perlu dibenahi yakni proses pemilihan, ini perlu dicek apakah pemilihan itu wajib dilakukan atau bisa disederhanakan.

Misalnya pemilihan langsung berada di tingkat kabupaten-kota. Dan pemilihan Gubernur melalui pemerintah pusat. Karena gubernur itu perwakilan pusat di daerah.

“ Tapi evaluasi ini harus melalui kajian yang komprehensif, dan belum berlaku di 2024. Nanti berlaku 25 tahun, tapi mulai sekarang harus dievaluasi apa kekurangan-kekurangan,” tegas Nelson

” Bahkan Bupati itu mengusulkan ke depan wakil itu tidak ada Bukan berarti saya tidak senang wakil hari ini, tapi pengalaman dan data menunjukkan terjadi banyak perpecahan di tengah jalan.

” Dengan adanya pemekaran kabupaten kota, sekarang luas wilayahnya semakin kecil maka dia sendiri bisa,” pungkasnya.

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange