Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Nelson: Dekranasda Perlu Angkat Produk Unik Daerah

Pengurus Dekranasda Kabupaten Gorontalo masa kerja 2021-2026. (Foto: Doc. Kominfo)

LIMBOTO – Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo harus mengangkat produk yang menjadi keunikan daerah. Hal itu ditegaskan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, dalam sambutannya pada pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Gorontalo periode 2021-2026. 

Pengurus Dekranasda Kabupaten Gorontalo itu sebelumnya dikukuhkan Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Dra. Idah Syahidah, di gedung Kasmat Lahay Limboto, Senin (11/10/2021).

“Jika kita berbicara kerajinan, disitu ada talenta, semangat dan kreatifitas. Bicara kerajinan itu ada keunikan disana, yang kadang kala ditempat orang laintidak ada,” ungkap Bupati Nelson.

Keunikan yang disebut Bupati Nelson, merupakan produk kebanggaan khas dan harus didorong kepermukaan.

Ia menjelaskan, masa pandemi Covid  menjadi momentum yang baik untuk memperkenalkan produk-produk khas dari Gorontalo. Berdasarkan data, kata dia, ekonomi kreatif termasuk didalamnya kerajinan, mendorong penyerapan lapangan kerja hampir 15%, termasuk nilai ekspor yang juga hampir mencapai 15%.

“Ini menunjukan bahwa sektor UMKM tidak terpengaruh oleh Covid-19 (pandemi), karena penurunannya hanya berkisar tiga sampai lima persen jika dibandingkan dengan sektor ekonomi lainnya. Kalau kita lihat di Gorontalo, tumbuhnya UMKM  luar biasa, begitu banyak. Di Kabupaten Gorontalo saja 46.000 UMKM, dan mungkin se-Provinsi Gorontalo bisa 100.000 UMKM, ini menunjukan potensi besar sekali bagi kita sekalian dan hari ini terus berkembang,” jelasnya.

Hingga kini, daerah Gorontalo masih bertahan dengan produk unik berupa kerajinan kerawang. Produk tersebut sangat dibanggakan karena telah merambah pasar internasional. Karenanya Nelson berharap tak hanya produk-produk fashion, malah, kuliner, dan bentuk ekonomi kreatif unggulan lain harus dirumuskan melalui program-program Dekranasda. 

“Kemarin saya lihat di Turki menggunakan kerajinan Gorontalo seperti ini, maka kita berharap kerajinan-kerajinan yang lain juga terus kita dorong. Kita tau bersama tidak hanya fashion, dan termasuk kriya-kriya lainnya, termasuk kuliner itu adalah ekonomi kreatif yang terus kita dorong melalui kerajinan ini, memang tantangan kedepan bagaimana terus berinovasi, karena dengan inovasi itulah akan mahal, karena dengan inovasilah itulah bisa dihargai apa yang kita buat, dengan itu kita berharap Dewan Kerajinan ini bisa membimbing terus UMKM, IKM yang ada di Kabupaten Gorontalo,” kata Bupati Nelson.

*/Kominfo/Rian/JnMile

Bagikan artikel:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Secured By miniOrange