Nelson berang, tegur keras Kades yang tak serius tangani PPKM

LIMBOTO РBupati Nelson Pomalingo berang karena menemukan ada Satgas Covid-19 yang tak faham terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Ia pun mewanti-wanti para kepala desa (Kades) yang tak serius menangani pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Padahal, selama masa pandemi dan perpanjangan PPKM, ia telah berkali-kali menekankan seluruh pihak terlibat untuk meningkatkan pengawasan. Namun fakta dilapangan  ada beberapa Satgas yang tidak memahami perannya.

Seperti terlihat dalam agenda pemantauan dan pengawasan pemberlakuan PPKM dan pengoptimalan Posko Covid-19 di seluruh desa/kecamatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Pada kunjungan tim yang dipimpin Bupati Gorontalo, Rabu (28/7/2021), di kecamatan Pulubala, Tibawa, Limboto, Telaga Biru dan Telaga, Bupati Nelson menemukan beberapa anggota Satgas Covid-19, termasuk Kepala Desa/Lurah tidak maksimal melaksanakan tugas, malah terkesan tidak menguasai tupoksi apalagi data-data penanganan.

Mirisnya, Bupati Nelson juga menemukan ada posko penganan Covid-19 dalam kondisi kotor karena tidak diurus. Tentu saja hal tersebut membuat orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu tambah berang dan menegur keras kepada Kepala Desa yang terkesan tidak serius mengawasi perpanjang PPKM.

“Ini fungsi mereka tidak jelas. Saya tanya mereka tidak jelas. Yang kedua ini Pustu (puskesmas pembantu) kotor. Gimana orang mau sehat kotor begini. Saya sudah bilang, fungsikan dengan baik! Ini tertulis posko tapi tidak jalan dengan benar,” tukas Bupati menemukan salah satu posko digedung Puskesmas Pembantu (Pustu) dlam kondisi tak terawat. Ia mengingatkan Kepala Desa, Camat, sekaligus meminta Dinas Kesehatan dan seluruh Satgas Desa/Kecamatan untuk mensinkronkan data, sehingga langkah penanganan Covid-19 berjalan dengan efisien.

Dipihak lain, untuk mengoptimalisasi posko-posko penanganan Covid-19 diseluruh wilayah, Pemkab Gorontalo terbagi dalam tiga tim yang serentak turun ke desa-desa. Masing-masing tim dikomandoi oleh Bupati Gorontalo, Wakil Bupati Gorontalo, serta Sekretaris Daerah. Dalam operasi itu tim Pemda didukung penuh oleh unsur TNI/Polri yang terlibat langsung dlam operasi dilapangan.

Disamping itu, Bupati Nelson tampak memberikan apresiasi kepada Satgas Covid-19 yang telah menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. (Jn)

Bagikan artikel: