Maklumat Bupati Gorontalo: Mulai 4 April hingga 24 Mei 2020 Pemkab Gorontalo berlakukan jam malam

LIMBOTO – Meski tercatat nol jumlah penderita virus corona jenis Covid-19 di Provinsi Gorontalo, namun Pemerintah Kabupaten Gorontalo meminta masyarakat untuk terus mewaspadai serangan wabah yang menjadi pandemi itu.

Untuk menghadang Covid-19, Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, telah mengeluarkan Maklumat tentang Penerapan Jam Malam Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Gorontalo.

Maklumat dikeluarkan berdasarkan Kepres No. 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan juga maklumat Kapolri No. : MAK/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap kebijakan Pemerintah dalam Penanganan penyebaran Covid-19, dan Keputusan Forkopimda Provinsi Gorontalo tanggal 30 Maret 2020, serta tindak lanjut hasil rapat Gugus TUgas Kabupaten Gorontalo tanggal 02 April 2020.

Melalui maklumat tersebut ditegaskan bahwa untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 di Gorontalo yang ditandai dengan meningkatnya jumlah warga Gorontalo dalam status orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP), maka dilakukan jam malam melalui pembatasan aktivitas malam sejak pukul 22.00 sampai dengan pukul 04.20 wita.

Maklumat tersebut dikeluarkan demi membangun kepatuhan di kalangan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Gorontalo, sebagai berikut:

  1. Agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah pada jam malam tersebut (pukul 22.00 s.d. 04:30 wita)
  2. Tidak melaksanakan kegiatan apapun kecuali aktivitas pelayanan medik, layanan kesehatan dan kegiatan distribusi pangan untuk kepentingan masyaraka
  3. Memerintahkan Polisi Pamong Praja agar berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum dalam pelaksanaan jam malam dimaksud
  4. Camat dan Kepala Desa/Lurah melakukan sosialisasi, pembinaan dan pengawasan kepada masyarakat terhadap penerapan jam malam.
  5. Pelaksanaan jam malam terhitung mulai tanggal 04 April 2020 sampai 24 Mei 2020.

#