Mulai 15 Februari BPS Kabupaten Gorontalo Lakukan Sensus Penduduk Online

SENSUS ONLINE: Bupati Nelson Pomalingo didampingi Kadis Kominfo dan salah seorang aparat BPS mengunjungi website sensus penduduk online di lokasi stand pameran.

[Laporan: JohnMile]

 

LIMBOTO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupeten Gorontalo menggelar sensus penduduk 2020 secara online. Masyarakat di daerah ini akan memberikan informasi data kependudukan melalui website sensus.bps.go.id.

Pelaksanaan sensus online di Kabupaten Gorontalo pembukaannya disaksikan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, berlangsung di stand pameran pembangunan BPS di Sport Center Limboto, Sabtu 15 Februari 2020.

Bupati Nelson mengatakan, sensus penduduk menjadi sangat penting dalam membangun negara dan daerah.

“Kalau kita sudah terdata maka kita sudah menjadi obyek dan subyek pembangunan”, jelasnya.

Nelson juga menegaskan, dengan hadirnya sensus penduduk online maka tidak ada alasan bagi warga untuk tidak mencatatkan namanya. “Kita klik saja sesuai dengan petunjuk yang ada maka kita bisa mengisi sendiri,” ujarnya.

Menilik laman sensus.bps.go.id, waktu pengisian data perorang diestimasi hanya berkisar 5 menit saja.

Karenanya, penduduk diminta menyiapkan dokumen berupa Kartu Keluarga/KTP/buku nikah/dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan.

Untuk pengisian formulir, data juga bisa disimpan sementara sehingga dapat dikoreksi atau dilengkapi pada lain kesempatan.

Pelaksnaan sensus online mulai berlaku Sabtu 15 Februari sampai dengan tangga 31 Maret 2020. #

Bagikan artikel: